Anambas Terkini

Saber Pungli Anambas Targetkan Produk Hukum. Data Pusat, Operasi Tangkap Tangan Baru Sekali

Wakapolres Anambas ini menjelaskan, langkah pencegahan memang begitu dikedepankan, meski tidak menutup kemungkinan adanya penindakan berupa produk huk

Saber Pungli Anambas Targetkan Produk Hukum. Data Pusat, Operasi Tangkap Tangan Baru Sekali
Suasana sosialisasi Tim Saber Pungli Anambas pada seluruh kepala sekolah terkait penerimaan siswa baru. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Unit Pencegahan dan Penindakan (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menargetkan 311 sosialisasi ke beberapa lapisan masyarakat di tahun 2019 ini.

Ketua UPP Saber Pungli Anambas Kompol Rafizal Amin mengatakan, target sosialisasi pada tahun 2019 ini jauh lebih besar dari realisasi sosialisasi di tahun 2018 sebanyak 199 kali.

"Konsep kami dengan memperbanyak sosialisasi terlebih dahulu. Pada tahun 2018 pun, jumlah sosialisasi yang kami lakukan juga menjadi yang terendah dibandingkan dengan kabupaten/kota lain," ujarnya Rabu (23/1/2019).

Wakapolres Anambas ini menjelaskan, langkah pencegahan memang begitu dikedepankan, meski tidak menutup kemungkinan adanya penindakan berupa produk hukum.

Secara presentase, formula untuk pencegahan mencapai 80 persen dan penindakan sebesar 20 persen. Sebagai langkah awal, pihaknya pun bakal melakukan sosialisasi kepada aparatur pemerintahan di desa.

"Kedepannya seperti itu. Untuk yang di pulau-pulau seperti di luar Tarempa, akan dilakukan setelah cuaca kondusif. Insya Allah di bulan April," ungkapnya.

Tidak hanya ditarget untuk melakukan sosialisasi, UPP Saber Pungli Anambas pun, diakuinya juga ditarget penindakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang cukup besar di tahun 2019 ini.

Minta Uang Tambahan Pasang Listrik, Begini Kronologi OTT 2 Orang Oleh Tim Saber Pungli Anambas

BREAKINGNEWS. Minta Biaya Tambahan Pasang Listrik, 2 Orang Diamankan Tim Saber Pungli Anambas

Pencemaran Limbah Oli di Perairan Bintan. DPRD Kepri Temui Kemenko Maritim di Jakarta

Dari data yang disajikan saat pertemuan di level pusat, Anambas memperoleh urutan terakhir dalam sebanyak 1 OTT dibandingan dengan Kabupaten Lingga yang sudah dua kali mengeluarkan OTT.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan dukungan dan sinergitas bersama dalam memberantas pungli di Anambas.

Bupati Anambas Abdul Haris yang ikut dalam rapat tersebut pun, mengusulkan kepada UPP Saber Pungli agar sasaran sosialisasi tidak hanya kepada aparatur pemerintahan di desa saja.

Menurutnya, pelaku ekonomi termasuk pelaku jasa lainnya juga perlu disentuh serta diberikan pemahaman akan bahaya tindak pungli.

"Saran kami seperti itu. Dari Pemerintah Daerah dalam hal ini komit dalam kegiatan ini. Terlebih dalam kaitannya dalam peningkatan pelayanan terhadap publik," ungkapnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved