TANJUNGPINANG TERKINI

Caleg Ini Jadi Tersangka Setelah Sebarkan Ujar Kebencian Institus Polri saat MRSF

"Sudah tersangka. Sudah kita kirim SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan), kita saat ini sedang melengkapi berkas untuk tahap satu," ujar Ka

Caleg Ini Jadi Tersangka Setelah Sebarkan Ujar Kebencian Institus Polri saat MRSF
TRIBUNBATAM.id/WAHIB WAFA
Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Polres Tanjungpinang belum lama ini menetapan tersangka kasus ujaran kebencian.

Pelaku berinisial SD merupakan seorang Calon Legeslatif (Caleg) DPRD kota Tanjungpinang terjerat undangan undang ITE.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali membenarkan penetapan tersangka yang melakukan ujaran kebencian terhadap institusi Polri.

Saat itu yang menjadi objek kasus yakni saat penyelenggaraan kegiatan Milineal Road Sefty Festival yang digelar di gedung daerah Provinsi Kepri kota Tanjungpinang.

"Sudah tersangka. Sudah kita kirim SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan), kita saat ini sedang melengkapi berkas untuk tahap satu," ujar Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali dikonfirmasi di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (20/3/2019).

Tersangka Ujar Kebencian Ditemukan Dengan Korban, Ami Minta Maaf Dihadapan Media Massa

Rustam Kagum atas Inovasi Dilakukan, Puskesmas Tanjungpinang Kembangkan Pengobatan Tradisional

Libatkan 405 Personel Gabungan TNI-Polri, Lantamal IV Tanjungpinang Tanam Mangrove

Razia Gabungan di Rutan Tanjungpinang, Petugas Tidak Temukan Narkoba, Tapi Sita Sejumlah Barang Ini

Lebih lanjut, yang menjadi motivasi ujaran kebencian yang dilakukan DS karena yang bersangkutan sedang berandai-andai jika sang caleg yang menyebarkan Brosur lewat helikopter tersebut biayanya berapa.

Seperti diketahui saat kegiatan Mileneal Road Sefty Festival di Tanjungpinang, helikopter nampak berputar diatas kegiatan sembari menyebarkan brosur berisi ajakan untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 17 April.

"Semua orang tau bahwa saat itu acara Mileneal Road Sefty Festival. Semua orang tau kalau stiker yang dibagikan itu himbauan ajakan agar tidak golput atau menggunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April. Namun, Oleh tersangka jika boleh pinjam istilah ini diplesetkan menjadi stiker Caleg. Dan itu berita hoaks," ungkapnya.

Tersangka saat itu mengirimkan postingan di akun Facebook terkait konten berita bohong tersebut saat kegiatan berlangsung, tepatnya usai pesawat helikopter menyebarkan brosur himbauan.

Pihaknya juga telah mengambil keterangan Ahli bahasa, ahli pidana, screen shot dari postingan Facebook san Poster atau brosur yang dibagikan.

Tersangka Dikenakan UU ITE nomor 28 ayat 1 kita dan Pasal 14 ayat satu nomor 46. Pelaku juga saat ini tidak dilakukan penahanan dengan alasan SD masih kooperatif.(wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved