PEMILU 2019

Salah Input Data Situng, Tindaklanjuti Putusan Bawaslu, KPU Sebut Sudah Perbaiki 256 dari 269 Kasus

"Sejauh ini sampai dengan sekarang yang salah input 269, yang sudah diselesaikan 256. Itu data kemarin. Hari ini saya belum cek," kata Ketua KPU RI Ar

Salah Input Data Situng, Tindaklanjuti Putusan Bawaslu, KPU Sebut Sudah Perbaiki 256 dari 269 Kasus
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Ketua KPU RI Arief Budiman 

TRIBUNBATAM.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengaku sudah menindaklanjuti amar putusan Bawaslu RI yang memerintahkan mereka untuk memperbaiki prosedur tata cara penginputan dalam Situng.

Hingga Kamis (17/5/2019), tercatat dari 269 kasus salah input Situng tidak sesuai formulir C1, 256 diantaranya sudah dikoreksi. 

Sedangkan 13 sisanya masih dalam proses perbaikan.

"Sejauh ini sampai dengan sekarang yang salah input 269, yang sudah diselesaikan 256. Itu data kemarin. Hari ini saya belum cek," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Targetkan 1.600 Paket Sembako Terkumpul, PGRI Berbagi Rezeki Setiap Ramadhan

WADUH! Emak-emak Ini Nekat Tidur di Jalan Cegat Mobil Presiden Jokowi

Dinkes Batam Temukan Takjil Pakai Formalin, Berikan Teguran dan Pembinaan ke Pedagang

Terduga Teroris DY Berniat Ledakkan Bom 22 Mei 2019, Diduga Intai Gereja di Yogyakarta

Lebih lanjut Arief Budiman menjelaskan soal putusan Bawaslu RI tentang pelanggaran administrasi penginputan data Situng.

Bawaslu katanya, mempersilakan KPU melanjutkan proses Situng sebagai salah satu bentuk akses keterbukaan informasi.

Dalam amar putusannya, Bawaslu memerintahkan perbaikan segera setelah putusan dibacakan, dengan maksud agar ke depan tidak ada lagi kesalahan-kesalahan seperti sebelumnya.

"Situng sudah diputuskan, sebagai akses keterbukaan informasi, 'silakan KPU boleh melanjutkan Situng', cuma mereka (Bawaslu) minta perbaikan supaya ke depan nggak ada lagi kesalahan-kesalahan input data sesuai C1," ujar dia.

Seperti diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar sidang dengan agenda putusan perkara Pemilu bernomor registrasi 07/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019, pada Kamis (16/5).

Dalam putusannya, Bawaslu menyatakan KPU sebagai terlapor terbukti melanggar prosedur dalam penginputan data formulir C1 ke Situng.

Ketua Bawaslu RI sekaligus menjadi Ketua Majelis, Abhan, meminta KPU segera memperbaiki tata cara dan prosedur dalam penginputan Situng.

"Memerintahkan KPU untuk memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data dalam situng," kata Ketua Majelis, Abhan di Gedung Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019) lalu.

Halaman
12
Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved