Dinkes Kepri Gelar Pertemuan Advokasi Terpadu Lintas Sektor Program Prioritas Kesehatan di Batam

Dinkes Kepri menggelar pertemuan advokasi terpadu lintas sektor program prioritas kesehatan di Hotel King Horison Batam 26 Juli 2019.

Dinkes Kepri Gelar Pertemuan Advokasi Terpadu Lintas Sektor Program Prioritas Kesehatan di Batam
ISTIMEWA
Dinkes Kepri menggelar pertemuan dan pelatihan di Hotel King Horison Batam 26 Juli 2019 

TRIBUNBATAM.id - Sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 bahwa mendapatkan pelayanan kesehatan merupakan hak setiap warga negara bertanggung jawab dalam menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan.

Undang-undang No 44 tahun 2004 tentang rumah sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna.

Selain itu setiap rumah sakit mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, antidiskriminasi, dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.

Peningkatan jumlah rumah sakit dari tahun ke tahun seharusnya sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan jumlah sumber daya manusia (SDM), sarana, prasarana dan alat kesehatan.  

Berkaitan dengan pelaksanaan reviu kelas rumah sakit peraturan presiden nomor 82 tahun 2018 menetapkan bahwa pelaksanaan reviu kelas rumah sakit harus dilaksanakan oleh kementerian kesehatan berdasarkan laporan BPJS kesehatan melakukan kredensial atau rekredensial.

Ketidaksesuaian SDM rumah sakit berdampak pada klasifikasi rumah sakit yang tidak menggambarkan kompetensi rumah sakit yang seharusnya, melalui reviu kelas rumah sakit memiliki kompentensi sesuai dengan klasifikasi sehingga rujukan pelayanan kesehatan berbasis kompetensi dapat berjalan dengan baik.

Pelaksanaan reviu kelas rumah sakit berupa pemutahiran data sesuai dengan perundang-undangan menggunakan instrument penilaian berupa aplikasi RS Online dan Aplikasi Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan (ASPAK) dan rumah sakit harus update data pengisian aplikasi RS Online dan ASPAK dan peran Dinas Kesehatan sebagai verifikasi dan validasi data.

Untuk rumah sakit kelas B dilakukan verifikasi dan validasi oleh dinas kesehatan provinsi dan untuk rumah sakit kelas C di verifikasi dan divalidasi oleh dinas kesehatan.

Semenjak diluncurkan Aplikasi Sisrute, yaitu sistem rujukan terintegrasi sangat membantu dalam mempercepat pelayanan rujukan di rumah sakit rujukan.

Pihak pengirim rujukan dapat informasi sumber daya yang memiliki oleh rumah sakit berupa informasi SDM medis, alat medis, stok bank darah, maupun ketersediaan tempat tidur rawat inap yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Siranap.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved