Dinkes Kepri

Dinkes Kepri Gelar Sosialisasi Gema Cermat Dan Optimalisasi AoC untuk Dukung Germas di Lingga

Masyarakat perlu diberikan edukasi dan diberikan informasi yang cukup mengenai penggunaan obat dan alat kesehatan.

Dinkes Kepri Gelar Sosialisasi Gema Cermat Dan Optimalisasi AoC untuk Dukung Germas di Lingga
ist
Dinas Kesehatan Kepri Berikan Pemahaman Dan Informasi Kepada Masyarakat Tentang Penggunaan Obat Maupun Alat Kesehatan 

TRIBUNBATAM.id - Resistansi dan penyalahgunaan obat terjadi akibat kurangnya pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat maupun alat kesehatan dengan aman dan benar.

Peredaran obat di pasaran pun masih perlu dipantau untuk menghindari penjualan bebas yang tidak bertanggung jawab dan tanpa resep dokter.

Masyarakat perlu diberikan edukasi dan diberikan informasi yang cukup mengenai penggunaan obat dan alat kesehatan.

Diperlukan sinergitas antara Pemerintah, Pelaksana dan masyarakat sebagai sasaran, maka keterlibatan masyarakat menjadi senjata ampuh untuk memberikan edukasi dan sosialisasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Maka dari itu, Dinas kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Sosialisasi “Gema Cermat” dan optimalisasi AoC dalam mendukung Germas di Kabupaten Lingga.

 

Gema Cermat sendiri merupakan kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Cerdas menggunakan obat yang mana bertujuan agar masyarakat memiliki pengetahuan penting terkait bagaimana penggunaan obat yang benar.

Sosialisasi Gema Cermat berisi materi pengetahuan penting terkait cara penggunaan obat, yaitu mulai cara memilih obat, mendapatkan obat, menggunakan obat, menyimpan obat, hingga membuat obat dengan benar.

Gerakan ini melibatkan aparat pemerintah terkait, tenaga medis yaitu apoteker dan juga masyarakat.

Keberadaan apoteker sebagai bagian dari Agent of Change juga dapat mengoptimalkan perannya yakni memberikan informasi serta yang memadai bagi pasien dalam hal menggunakan obat secara benar.

Pemantauan terapi obat untuk mencapai tujuan pengobatan , terutama pada program eliminasi TB, imunisasi dan pencegahan stunting.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved