KARIMUN TERKINI

Sensus Penduduk 2020 Dimulai Sabtu (15/2) Ini, Digelar Online, BPS Karimun Siap Laksanakan

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun menyatakan telah siap menyelenggarakan pendataan penduduk yang dilaksanakan per 10 tahun sekali itu

Sensus Penduduk 2020 Dimulai Sabtu (15/2) Ini, Digelar Online, BPS Karimun Siap Laksanakan
TRIBUNBATAM.ID/ELHADIF PUTRA
Petugas melakukan sensus ekonomi di Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020) sebentar lagi dimulai.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun menyatakan telah siap menyelenggarakan pendataan penduduk yang dilaksanakan per 10 tahun sekali itu.

Dijadwalkan SP 2020 dimulai pada tanggal 15 Febuari mendatang.

Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, yakni pada periode pertama, sensus akan dilakukan secara online dari 15 Febuari hingga 31 Maret. Sementara periode kedua dilakukan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan 1-31 Juli 2020.







Kepala BPS Karimun Nurul Choiriyati menjelaskan, Sensus Penduduk 2020 (SP2020) merupakan pendataan penduduk/warga secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Data penduduk yang dikumpulkan nantinya dijamin keamanan dan kerahasiaannya oleh Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

"SP2020 ini bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah," jelas Nurul, Jumat (14/2/2020).

Sensus Penduduk 2020, BPS Anambas Terapkan 2 Metode Himpun Data dari Penduduk

Ini Rencana Kerja BPS Batam 2020, Diantaranya Lakukan Sensus Penduduk Online

 

Ia mengatakan, pada pelaksanaan SP2020, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan enam sensus penduduk sebelumnya.

SP2020 akan menggunakan metode kombinasi, yaitu memanfaatkan data administrasi kependudukan (adminduk) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap dan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget.

"Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir," katanya.

Nurul mengatakan, Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, dimana periode pertama Sensus Penduduk dibuka secara online, dan periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan.

Halaman
12
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved