Tembus 70 Persen, BPS Kepri Sebut Animo Masyarakat Kepri Gunakan Sensus Penduduk Online Cukup Tinggi

Minat masyarakat di Provinsi Kepri untuk membuka layanan sensus penduduk secara online cukup tinggi.

bps.go.id
Foto ilustrasi Sensus Penduduk 2020 - Animo warga Provinsi Kepri untuk menggunakan layanan sensus penduduk secara online cukup tinggi. Data BPS Kepri mencatat, sekitar 70 persen masyarakat menggunakan layanan sensus penduduk secara daring. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Minat masyarakat untuk membuka layanan sensus secara online cukup tinggi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri, Zulkipli mengatakan, sekitar 70 persen warga sudah membuka layanan sensus penduduk secara online.

Seperti diketahui, sensus penduduk yang dimulai sejak 15 Februari, rencananya akan berakhir Selasa (31/3/2020) mendatang.

"Pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran serta Pemda baik itu provinsi maupun kabupaten kota, media dan seluruh lapisan masyarakat yang ikut berpartisipasi," sebutnya saat dihubungi melalui sambungan seluler, Minggu (29/3/2020).

Zulkipli mengungkapkan, beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kepri seperti Batam sudah menggunakan layanan sensus penduduk secara online mencapai 79 persen dari target 15 persen jumlah penduduk Kepri pada 2019 sebanyak 1.376.009 jiwa.

"Akhir- Akhir ini yang merespon sensus penduduk online di batam juga cukup signifikan, Mungkin karena posisi masyarakat ada di rumah, termasuk upaya Pemko Batam membantu untuk mencapai target," jelasnya.

Usai Sensus penduduk secara online di tanggal 31 Maret 2020 mendatang akan di lakukan sensus secara manual oleh petugas seperti sebelumnya menyisir daerah yang belum terkover sensus secara online.

Tetapi dikatakan Zulkipli pihaknya sedanga mewacanakan perpanjang sensus secara online karena melihat kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini terus berkembang dan dimana Pemerintah juga sedang melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah.

"Masih wacana diperpanjang sampai 29 Mei 2020 nanti jika sudah ada keputusan akan di sampaikan kembali," ujarnya.

Cara Mengisi Sensus Penduduk Secara Online

Halaman
1234
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved