Breaking News:

BATAM TERKINI

1.305 Unit Usaha UMKM di Batam Gulung Tikar Akibat Corona

Seiring dengan penurunan tersebut, omzet UMKM sebelum masa Covid-19 sebesar Rp 355 miliar, kini turun menjadi Rp 113 miliar saja.

TRIBUNBATAM.id/DEWI HARYATI
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Mikro (KUKM) Kota Batam, Suleman Nababan menyebutkan, sebanyak 1.305 unit usaha mikro di Kota Batam gulung tikar akibat pandemi Covid-19. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pandemi Covid-19 mewabah di Kota Batam berdampak langsung terhadap penurunan ekonomi, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Mikro (KUKM) Kota Batam, Suleman Nababan mengakui, selama masa pandemi Covid-19 ini, sebanyak 1.305 unit usaha mikro di Kota Batam gulung tikar.

Padahal, sebelum masa pandemi ini, usaha mikro di Kota Batam sebanyak 3.576 unit usaha.

"Para pengusaha kecil ini tidak mampu bertahan di tengah penurunan daya beli masyarakat dan kelangkaan bahan baku karena Covid-19 ini," ujar Suleman saat berada di Dataran Engku Puteri Batam Center, Rabu (24/6/2020).

Diakuinya keterbatasan aktivitas UMKM berjualan karena social distancing. Sehingga membuat mereka tidak bisa kembali berjualan.

Selain itu, kesulitan mendapatkan bahan baku juga dirasakan pelaku UMKM. Hal ini dikarenakan keterbatasan barang yang masuk ke Kota Batam selama pandemi Covid-19.

Seiring dengan penurunan tersebut, omzet UMKM sebelum masa Covid-19 sebesar Rp 355 miliar, kini turun menjadi Rp 113 miliar saja. Kondisi ini sangat berat bagi usaha mikro.

Mereka yang saat ini bertahan, tidak mampu membayar pekerja seperti saat kondisi normal. Sehingga kebanyakan berjualan sendiri dengan jumlah produk yang terbatas.

"Dampaknya besar untuk mereka, sekarang tidak bisa bayar karyawan, mereka tinggal sendiri berdagang," kata Suleman lagi.

Sebelumnya diberitakan pihaknya tengah melakukan pendataan terhadap semua UKM yang ada di Batam. Dimana di 10 dari 12 kecamatan yang ada di Kota Batam, sudah ada 2.355 UKM yang telah terdata.

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved