Breaking News:

Polisi Bongkar Perbudakan di Kapal China, Tetapkan Tersangka, ABK Lompat ke Laut Jasad di Freezer

Para pelaku dijerat pasal Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) terhadap dua ABK, yang melompat dari kapal berbendera China di perairan Karimun

TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN
TERSANGKA - Polda Kepri menggelar konferensi pers pengungkapan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kamis (09/07/2020) di Mapolda Kepri 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Perbudakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di atas kapal berbendera China akhirnya dibongkar Polda Kepulauan Riau (Kepri).

Polisi menetapkan sejumlah tersangka, di mana salah satunya adalah wanita. 

Para pelaku dijerat pasal Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) terhadap dua ABK, yang melompat dari kapal berbendera China di perairan Karimun, Kepri.

SADIS, Dua Kapal Berbendera China Ditangkap Tim Gabungan Kepri, Jenazah WNI Ditemukan Dalam Freezer

Konferensi pers penangkapan dan penetapan tersangka dipimpin Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhart didampingi Ketua Penyidik sekaligus Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepri AKBP Ruslan Abdul Rasyid dan Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Kepri AKBP Dhani Chatra Nugraha, Kamis (09/07/2020).

Konferensi pers pengungkapan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Mapolda Kepri
Konferensi pers pengungkapan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Mapolda Kepri (TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN)

Dari keterangan polisi, dua pelaku TPPO kapal ikan berbendera China yang melompat di perairan Karimun, berhasil diamankan Ditreskrimum Polda Kepri.

Di mana sebelumnya Ditreskrimum Polda Kepri telah mengamankan tujuh tersangka, masing-masing tiga dimanakan di Polda Kepri dan empat orang di Polres Metro Jakarta Utara.

KEJAM, Jenazah ABK Kapal China 18 Hari Dalam Freezer Sotong, Kasus Sebelumnya Dibuang ke Laut

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhart menyatakan, untuk kasus TPPO ini pelaku dalam menjalankan aksinya selalu berjaring dengan pelaku lain.

"Kejahatan perdagangan orang ini merupakan kejahatan yang tidak berdiri sendiri.

Tim kesehatan gabungan dari Bidokes Polda Kepri, Lanal Batam dan KKP kelas I Batam tengah melakukan pemeriksaan kesehatan para ABK di dua kapal berbendera China, Rabu (08/07/2020)
Tim kesehatan gabungan dari Bidokes Polda Kepri, Lanal Batam dan KKP kelas I Batam tengah melakukan pemeriksaan kesehatan para ABK di dua kapal berbendera China, Rabu (08/07/2020) (TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN)

Mereka selalu dalam bentuk jaringan dengan peran masing-masing merekrut, pengurusan dokumen dan ada yang berperan sebagai perantara," ujarnya.

Detik-detik Kapal China DItangkap di Perairan Riau, Muat 2 Mayat ABK WNI yang Disimpan dalam Freezer

Harry mengatakan para pelaku selalu mengambil keuntungan dari korban yang akan dipekerjakan di luar negeri.

Halaman
1234
Editor: Azmi S
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved