Breaking News:

BATAM TERKINI

Pelabuhan Batu Ampar Dikonsep Canggih, Kembangkan Sistem Digital, Dukungan Infrastuktur?

Pelabuhan Batu Ampar ditetapkan sebagai Batam Logistic Ecosystem, bagian dari National Logistic Ecosystem.

TribunBatam.id/Istimewa
Pelabuhan Batu Ampar Dikonsep Canggih, Kembangkan Sistem Digital, Dukungan Infrastuktur? Foto Sosialisasi Integrasi Sistem Autogate dengan B-SIMS BP Batam dan TPS Online Bea Cukai, di Conference Hall IT Center BP Batam, Rabu (3/3/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan atau BP Batam gencar-gencarnya mengembangkan Pelabuhan Batu Ampar.

Sejumlah program berbasis digital, tentunya membutuhkan dukungan infrastruktur seperti Auto Gate System dan TPS Online dari Bea Cukai.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Nelson Idris mengatakan, dengan sistem digitalisasi yang tengah diterapkan di Pelabuhan Batu Ampar, BUP BP Batam terbukti mengarah pada perkembangan pelabuhan berstandar Smart and Green Port.

Ditetapkannya Pelabuhan Batu Ampar sebagai Batam Logistic Ecosystem (BLE) yang merupakan bagian dari National Logistic Ecosystem (NLE).

"Beberapa hal telah kami lakukan, selain Autogate dan TPS Online untuk menuju Smart Port, antara lain InaPortnet, Single Entry untuk kegiatan STS-FSU, Pemberitahuan Keagenan Kapal Asing (PPKA), kemudian B-SIMS," ujar Nelson saat sosialisasi Integrasi Sistem Autogate dengan B-SIMS BP Batam dan TPS Online Bea Cukai di Conference Hall IT Center BP Batam, Rabu (3/3/2021).

KM Kelud tiba di pelabuhan Batu Ampar pada pukul 13.35 WIB dari pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara dengan membawa penumpang sebanyak 715 orang.
KM Kelud tiba di pelabuhan Batu Ampar pada pukul 13.35 WIB dari pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara dengan membawa penumpang sebanyak 715 orang. (TRIBUNBATAM.id/Ronnye Lodo Laleng)

Integrasi dengan TPS Online oleh Bea Cukai bertujuan untuk memperbarui proses kegiatan bongkar muat barang pada setiap kapal yang saat ini masih menggunakan pola truck lossing.

BP Batam telah merancang sebuah sistem bernama BP Batam Seaport Information Management System (B-SIMS).

Sistem ini berfungsi mengakomodasi pendaftaran keagenan, register barang masuk, register barang keluar dan informasi denah kontainer di TPS.

"Sedangkan sistem Autogate akan meminimalisir antrean panjang.

Ini dikarenakan sekarang pemasukan dan pengeluaran barang tidak perlu lagi tatap muka dengan petugas Bea Cukai di gate dan dapat dilakukan 24 jam," ujar Nelson.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved