Breaking News:

VIRUS CORONA DI BATAM

Limbah Medis Covid-19 di Anambas Tembus 394.3 Kilogram Hingga Juni 2021

Jumlah limbah covid-19 Anambas pada 2021 ini cenderung meningkat dibanding tahun lalu dengan 209 kilogram.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Rahma Tika
LIMBAH MEDIS COVID-19 - Mesin insenerator pengolah limbah medis berada di UPT Puskesmas Tarempa, Batu Tambun, Desa Rintis, Kecamatan Siantan, Anambas. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 394,3 kilogram limbah medis covid-19 tercatat hingga Juni 2021.

Jumlah ini cenderung meningkat dibanding tahun lalu dengan 209 kilogram.

Limbah medis covid-19 ini merupakan kirim dari RSUD Tarempa.

Pengolahan limbah medis sendiri dikelola oleh UPT Puskesmas Tarempa, karena alat pembakar limbah berupa insenerator ini berada di UPT Puskesmas Tarempa.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala UPT Puskesmas Tarempa, Januardi yang mengatakan sampah medis dari RSUD Tarempa setiap minggu akan dibawa ke Puskesmas Tarempa untuk diolah.

VAKSINASI CORONA DI ANAMBAS - Masyarakat Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas, Kepri saat menerima vaksin di RSUD Tarempa, Senin (24/5/2021).
VAKSINASI CORONA DI ANAMBAS - Masyarakat Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas, Kepri saat menerima vaksin di RSUD Tarempa, Senin (24/5/2021). (TribunBatam.id/Rahma Tika)

"Iya benar RSUD Tarempa limbah medis nya diolah di sini, kalau kita dari puskesmas sendiri juga ada ya, per bulan paling 70 kilogram, kadang-kadang tidak sampai," ujar Kepala Puskemas Tarempa, Januardi, Minggu (27/6/2021).

Januardi mengatakan jika proses pengolahan limbah medis sendiri dilakukan setiap hari, dengan cara dibakar di dalam mesin penghancur.

Dimana menggunakan metode pembakaran yang sistem pembakarannya terkontrol dan terisolir terhadap lingkungan sekitar.

"Sampahnya kan banyak, dari RSUD juga ada, kemarin sempat rusak mesinnya, dan sudah diperbaiki oleh Dinkes, sekarang susah berfungsi lagi," jelasnya.

Diketahui bahwa sebelumnya alat pembakar limbah medis ini berada di posisi letak yang rendah, akibatnya pihak UPT Puskesmas Tarempa tidak berani membakar limbah medis setiap hari.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved