Breaking News:

BERITA CHINA

China Melawan! Tolak Permintaan WHO Selidiki Ulang Asal Usul Covid-19, Ada Apa?

China dengan tegas menolak rencana penyelidikan lanjutan asal usul Covid-19 yang diserukan badan kesehatan dunia atau WHO termasuk soal pemberian data

AFP/HECTOR RETAMAL via Kompas.com
Petugas keamanan berpatroli di pasar ikan tradisional Huanan di kota Wuhan, China, Jumat (24/1/2020).China Melawan! Tolak Permintaan WHO Selidiki Ulang Asal Usul Covid-19, Ada Apa? 

TRIBUNBATAM.id - Negara pimpinan Xi Jinping dengan tegas menolak rencana penyelidikan lanjutan asal usul Covid-19 yang diserukan badan kesehatan dunia atau WHO.

Banyak negara masih penasaran dan menduga Covid-19 berasal dari China, yang terkait teori kebocoran laboratorium di Wuhan.

Kasus Covid-19 pertama kali terjadi di Wuhan, China pada 2019 dan menyebar ke seluruh dunia yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya.

China dituduh publik banyak negara, terutama Barat bertanggung jawab atas kerusakan global akibat pandemi corona.

Pada Kamis (12/8/2021), WHO mendesak China membagikan data mentah dari kasus Covid-19 paling awal, untuk memulai kembali penyelidikan tentang asal-usul penyakit tersebut.

Baca juga: Tipu-tipu Media Pemerintah China? Pakai Ilmuwan Fiktif Lawan Teori Kebocoran Laboratorium Wuhan

Sayangnya China merespons dengan mengatakan, penyelidikan awal sudah cukup dan permintaan terkait data kasus awal untuk data lebih lanjut memiliki muatan politik, bukan keperluan ilmiah.

Video detik-detik Warga Wuhan Tumbang di Trotoar, Diduga Telah Terinfeksi Virus Corona
Video detik-detik Warga Wuhan Tumbang di Trotoar, Diduga Telah Terinfeksi Virus Corona (Youtube)

"Kami menentang penelusuran politik dan mengabaikan laporan bersama yang dikeluarkan setelah kunjungan tim ahli WHO ke Wuhan pada Januari.

Kami mendukung penelusuran ilmiah," ungkap Wakil Menteri Luar Negeri China Ma Zhaoxu, seperti dikutip Channel News Asia.

Menurut laporan penelitian sementara oleh tim WHO pada Januari lalu, virus dikatakan menyebar dari kelelawar ke manusia melalui hewan perantara.

Sementara spekulasi yang menyebutkan virus muncul dari kebocoran laboratorium disebut sangat tidak mungkin terjadi.

Baca juga: Covid-19 Balik ke Wuhan, Muncul dengan Varian Lebih Mematikan

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved