Breaking News:

BATAM TERKINI

Kejaksaan Gencar Usut Kasus Korupsi, Praktisi Hukum : Sudah On The Track

Penegakan hukum terkait kasus korupsi di sejumlah daerah tengah menjadi atensi serius Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia.

TRIBUNBATAM/ARGIANTO
Kadishub Batam Rustam Efendi ditahan penyidik kejaksaan negeri Batam, belum lama ini. Penegakan hukum terkait kasus korupsi di sejumlah daerah tengah menjadi atensi serius Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Penegakan hukum terkait kasus korupsi di sejumlah daerah tengah menjadi atensi serius Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia.

Hal ini pun mengundang sejumlah praktisi hukum untuk berkomentar.

Satu di antaranya, Ketua Harian Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Indonesia, R. Dwiyanto Prihartono.

Ia mengingatkan agar penegakan hukum tersebut tidak dipengaruhi oleh isu politik kekinian.

Apalagi sampai harus digiring bahkan membangun opini publik lewat hasil survei.

"Survei itu sah-sah saja di negara demokrasi. Tapi, jangan sampai ada agenda politik para surveyor atau pendananya sehingga merusak iklim penegakan hukum yang sudah berjalan on the track," kata Dwiyanto dalam rilis, Minggu (22/8/2021).

Jika dilihat dari aspek politik, lanjut Dwiyanto, survei yang menyebut kinerja Kejagung buruk saat gencar memproses kasus-kasus besar, seperti kasus korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero), bisa saja dimaknai sebagai penggiringan opini publik.

Bahkan, ia menilai bahwa hal tersebut ditujukan untuk menggoyang posisi Jaksa Agung.

Baca juga: ASAL USUL Jalan di Kavling Kamboja Sagulung Batam Diberi Nama Gang Buaya, Minta Warga Waspada

"Namun sekali lagi, penegakan hukum tidak boleh terpengaruh dengan isu politik apalagi survei. Penegakan hukum harus sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku," tegasnya.

Sebagai lembaga penegak hukum, ia meyakini jika Kejaksaan bekerja berdasarkan hukum dan alat bukti. Sehingga, dalam upaya penegakan hukum terhadap sejumlah kasus membutuhkan proses dan prosedur tersendiri.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved