Breaking News:

CORONA KEPRI

Biaya Tes Antigen di Karimun Hari Ini Masih Rp 130 Ribu, Ini Kata Bupati Aunur Rafiq

Soal penurunan tarif tes antigen menjadi Rp 109 ribu untuk luar Pulau Jawa dan Bali,Bupati Karimun Aunur Rafiq akan membahas dengan pihak terkait dulu

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id
Biaya Tes Antigen di Karimun Hari Ini Masih Rp 130 Ribu, Ini Kata Bupati Aunur Rafiq. Foto Bupati Karimun Aunur Rafiq, beberapa waktu lalu 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menurunkan kembali tarif tertinggi pemeriksaan rapid test antigen.

Untuk Pulau Jawa dan Bali ditetapkan Rp 99 ribu. Sementara di luar Pulau Jawa dan Bali menjadi Rp 109 ribu. Ketentuan ini tertuang dalam surat edaran HK.02.02/I/4611/2021.

Bagaimana penerapannya di Karimun?

Sementara ini, Pemerintah Kabupaten Karimun masih memberlakukan tarif rapid test antigen sebesar Rp 130 ribu yang berlaku selama 1 x 24 jam.

Sebelumnya, tarif tes antigen di Karimun telah turun dari Rp 275 ribu menjadi Rp 200 ribu, dan turun kembali menjadi Rp 150 ribu.

Baca juga: Warga Natuna Gembira Tarif Tes Antigen Turun, Minta Biaya Swab PCR Diturunkan Lagi

Baca juga: Klinik di Natuna Ini Siap Terapkan Tarif Baru Tes Antigen sesuai Aturan Kemenkes

"Saat ini untuk PCR di RSUD masih Rp 500 ribu, sementara rapid antigen Rp 130 ribu," ucap Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Ia menambahkan, pihaknya akan menyesuaikan tarif tes antigen itu mengikuti peraturan yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Mengingat hal itu telah dikeluarkan oleh Dirjen Kesehatan, nanti kami akan bicarakan terlebih dahulu kalau itu wajib akan kami turunkan. Dan itu sejalan dengan harga pasarannya berapa," jelasnya.

Diketahui, dalam hal ini Pemkab Karimun harus membeli terlebih dahulu alat rapid antigen tersebut atau harus melakukan pesanan terlebih dulu.

"Ongkos kirim sampai ke tempat, biaya per orangnya. Kita tak langsung mengikuti, namun semuanya harus terlebih dulu dihitung," pungkasnya.

Adapun pemeriksaan rapid antigen di Kabupaten Karimun telah tersebar di RSUD, serta klinik swasta. Sementara bagi pelaku perjalanan pemeriksaan antigen dapat dilakukan di klinik-klinik.

Seperti, Klinik Medic Center, Klinik Kasih Ibu, Klinik Naya, Medilab, Klinik Husada Karimun. Sedangkan RSUD dan Puskesmas masih di prioritaskan bagi pasien Covid-19.

(Tribunbatam.id/YeniHartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Corona Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved