Breaking News:

WISATA KEPRI

Budaya Melayu Jadi Daya Tarik Wisata Kepri, Pemerintah Daerah Meliriknya

Pemerintah Daerah Lingga melirik budaya Melayu jadi daya tarik wisata Kepri. Mereka sampai menemui Menteri Pariwisata untuk mewujudkannya.

TribunBatam.id/Febriyuanda
Sanggar Seni Diram Perkase, Desa Sungai Buluh, Kabupaten Lingga, Kepri pentaskan budaya seni bangsawan melayu dalam bentuk film atau video di masa pandemi Covid-19. Pemkab Lingga punya rencana untuk menjadikan budaya khas Melayu menjadi daya tarik wisata. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga punya rencana besar untuk memajukan wisata Kepri di wilayahnya.

Kepala daerah menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkraf), Sandiaga Uno pada awal tahun 2021.

Salah satu yang menjadi fokus pembahasan mereka yakni program Tamadun Melayu Antara Bangsa menjadi agenda Pariwisata Nasional.

Budaya khas Melayu sangat kental dan terjaga di kabupaten yang kini dipimpin Muhammad Nizar dan Neko Wesha Pawelloy ini. 

“Pertemuan tersebut bertujuan menyampaikan program unggulan pariwisata di Kabupaten Lingga yang menjadi visi Bupati dan Wakil Bupati Lingga,” ucap perwakilan Pemkab Lingga ketika itu, Fikrizal.

Baca juga: Pantai Saudara Kite Pulau Bintan, Destinasi Wisata Kepri Cocok Buat Swafoto

Baca juga: Intip Indahnya Air Terjun Neraja Anambas, Jadi Destinasi Wisata Kepri

FOTO 3 : Salah satu Sanggar di Kabupaten Lingga. Sanggar Seni Diram Perkase, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat yang menampilkan teater bangsawan melayu.
FOTO 3 : Salah satu Sanggar di Kabupaten Lingga. Sanggar Seni Diram Perkase, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat yang menampilkan teater bangsawan melayu. (ist)

Fikrizal menjelaskan, bahwa program Tamadun Melayu Antara Bangsa adalah kegiatan unggulan yang dimiliki Kabupaten Lingga yang berjuluk Bunda Tanah Melayu.

Pada pelaksanaan yang telah dilakukan 2017 lalu di Daik Lingga, kegiatan ini mendapat respon positif dari dalam negeri dan luar negeri khususnya daerah yang memiliki sejarah Melayu.

“Dengan menjadi Agenda Pariwisata Nasional melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentu gaung kegiatan akan lebih besar dan memberikan manfaat bagi perkembangan pariwisata di Lingga,” jelasnya.

Fikrizal menambahkan, dengan dukungan dari Kementerian secara langsung akan menjadi dorongan bagi industri pariwisata di Lingga, dimana Kabupaten Lingga sendiri adalah sebuah daerah yang memiliki nilai sejarah Budaya Melayu dan potensi pariwisata alam lainnya.

“Dalam pertemuan nanti Bupati Lingga juga akan menyampaikan produk unggulan UMKM Lingga,” tambahnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved