Breaking News:

INFO CUACA

Info Cuaca Kepri Hari Ini, BMKG Minta Warga Waspada Dampak La Nina

BMKG memprediksi cuaca hari ini untuk wilayah Kepri dan sekitarnya. Mereka juga meminta warga mewaspadai dampak fenomena La Nina.

TribunBatam.id/Endra Kaputra
INFO Cuaca Kepri, BMKG Minta Warga Waspada Dampak La Nina. Foto hujan di Tanjungpinang, Provinsi Kepri belum lama ini. 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Berikut info prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) , Minggu (21/11/2021).

BMKG memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hujan juga dapat disertai petir dan angin kencang.

Untuk itu bagi anda yang ingin dan sedang melakukan aktivitas di luar rumah sekiranya mempersiapkan kelengkapan pelindung jas hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Tarempa juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) untuk selalu waspada dampak La Nina.

La Nina merupakan fenomena yang dimana mendinginnya Suhu Muka Laut (SML) di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur hingga melewati batas normalnya.

Baca juga: INFO Cuaca Natuna Besok, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi 1,5 Meter

Baca juga: Info Cuaca Pulau Bintan Tiga Hari ke Depan, Masih Berpotensi Hujan Ringan hingga Lebat

Kondisi tersebut memengaruhi sirkulasi udara global yang mengakibatkan udara lembab mengalir lebih kuat dari Samudra Pasifik ke arah Indonesia.

Kepala BMKG Kelas III Tarempa, Sirajul Munir menjelaskan, dampak akibat fenomena La Nina ini yaitu curah hujan yang cukup tinggi hingga ekstrim.

"Fenomena La Nina ini menyebabkan beberapa wilayah memiliki curah hujan yang tinggi. Selain itu disertai dengan badai apabila La Nina sudah mencapai puncaknya," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya di jalan Hang tuah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan.

Ia juga mengatakan selain curah hujan yang tinggi, La Nina ini bisa menyebabkan tanah longsor, angin kencang hingga banjir.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved