Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Pemko Tanjung Pinang Bareng DPRD Sahkan APBD 2022 Rp 891,72 Miliar

Walikota Tanjungpinang mengungkap struktur APBD 2022 yang telah disahkan menjadi Perda saat rapat paripurna di DPRD Tanjungpinang, Selasa (30/11).

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Walikota Tanjungpinang, Rahma saat paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD tahun anggaran 2022 menjadi Peraturan Daerah (Perda) di Kantor DPRD Kota Tanjungpinang, Selasa (30/11). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tanjungpinang tahun anggaran 2022 disahkan DPRD bersama Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

Dalam rapat paripurna yang digelar di kantor DPRD Tanjungpinang, Selasa (30/11), disepakati jika jumlah pendapatan daerah pada APBD 2022 sebesar Rp 891,72 Miliar.

Penambahan pendapatan yang dimaksud berasal dari pendapatan asli daerah sebesar Rp 149, 8 miliar.

Kemudian pendapatan transfer Rp 732, 98 miliar dan Rp 8,94 miliar pada lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Walikota Tanjungpinang Rahma dalam rapat paripurna tersebut menyebutkan jika total belanja daerah sebagaimana yang telah disampaikan pada nota keuangan yang lalu tetap sebesar Rp 972, 72 miliar.

Baca juga: APBD Kepri Tahun Anggaran 2022 Diketok Palu, Nilainya Rp 3,870 Triliun 

Baca juga: APBD Batam 2022 Telah Disahkan Sebesar Rp 3,2 Triliun, Fokus Pulihkan Ekonomi Daerah

Jumlah ini terdiri dari belanja operasional sebesar Rp 843, 79 miliar, belanja modal Rp 119, 92 miliar dan belanja tidak terduga sebesar Rp 9 miliar.

Sedangkan untuk pembiayaan daerah pada penerimaan pembiayaan sebesar Rp 81 miliar.

Rahma menyampaikan, apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota DPRD kota Tanjungpinang yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik bersama dengan pemerintah Kota Tanjungpinang dalam menyelesaikan tahapan penyusunan Ranperda APBD Kota Tanjungpinang Tahun anggaran 2022.

“Pembahasan rancangan APBD Tahun anggaran 2022 dalam capaian prioritas pembangunan daerah melalui pembahasan TAPD bersama DPRD telah dilaksanakan secara komprehensif dan seksama. Sehingga dapat disepakati dan dituangkan dalam dokumen ranperda APBD tahun anggaran 2022 yang selanjutnya akan dievaluasi oleh pemerintah Provinsi Kepri sebelum ditetapkan menjadi peraturan daerah kota Tanjungpinang,” ujar Rahma.

Rahma juga menjelaskan terkait penyusunan Ranperda APBD 2022 yang setelah di setujui bersama dan menghasilkan finalisasi struktur APBD, meliputi pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

Sesuai amanat peraturan pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang pendanaan pendidikan, dan amanat pasal 171 ayat (2) Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.

Baca juga: APBD Karimun 2022 Diprediksi Defisit Capai Rp 35 M, Ini Kata Aunur Rafiq

Baca juga: Gubernur Ansar Sampaikan Nota Keuangan dan Ranperda APBD Kepri Tahun 2022

“Untuk urusan pendidikan dari alokasi belanja daerah rancangan APBD 2022 adalah sebesar 25,99 persen, dan Urusan dibidang kesehatan 30 persen,” ujarnya.

Terakhir, Rahma berharap dengan disepakatinya persetujuan bersama APBD Tahun 2022 ini, Pemerintah kota Tanjungpinang dapat melaksanakan program dan kegiatan seoptimal mungkin.

Dengan tetap berorientasi dengan mengedepankan transparansi, akuntabilitas serta berprinsip pada efisiensi dan efektifitas.

Pemerintah kota Tanjungpinang akan terus mengevaluasi agar menjadi lebih baik dan terencana sehingga tepat sasaran sesuai dengan rencana kebutuhan masyarakat”, tutupnya.(TribunBatam.id/Endra Kaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Tanjungpinang

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved