Breaking News:

LINGGA TERKINI

Lingga Catat 20 Penderita HIV AIDS, Dinkes Klaim Terendah se-Kepri

Dinkes Lingga merinci angka penderita HIV AIDS hingga Desember 2021. Mereka bahkan mengklaim jumlahnya terendah dibanding daerah lain di Kepri.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Febriyuanda
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga, Wirawan Trisna Putra mengungkap angka penderita HIV AIDS. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri mencatat ada temuan 20 kasus HIV/AIDS di Lingga hingga Desember 2021.

Dari 20 kasus tersebut, 14 pasien merupakan warga Lingga sementara 6 pasien merupakan rujukan dari luar daerah yang menjalani pengobatan di Lingga.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lingga, Wirawan Trisna Putra kepada TribunBatam.id menjelaskan, orang dengan kasus HIV AIDS ini akan tetap menjadi pasien seumur hidup dan tidak ada kesembuhan.

Sehingga kasusnya bertambah untuk setiap tahunnya.

"Kami tidak memiliki obat untuk HIV AIDS ini. Kami hanya memiliki obat anti virusnya untuk menekan jangan sampai kondisinya semakin buruh terhadap penderita ini," jelas Wirawan.

Menurutnya, kasus HIV ini seperti fenomena gunung es, dengan artian kasus ditemukan saat ini adalah angka yang hanya muncul dipermukaan.

"Kami tidak tahu yang di bawahnya itu, mungkin sudah ada orang yang tertular HIV AIDS. Mungkin tidak diperiksa atau tidak melakukan pemeriksaan, ataupun memang tidak ada keluhan dari mereka," ucapnya.

Baca juga: Kondisi HIV AIDS di Batam, Benarkah Bisa Diobati?

Baca juga: Data HIV/AIDS di Kepri, Tanjung Pinang Paling Banyak Usia Produktif

Wirawan menyebutkan, bahwa saat ini Kabupaten Lingga memiliki 2 klinik untuk menangani penderita HIV AIDS, yakni di Puskesmas Dabo Lama dan RSUD Dabo Singkep.

Dinkes Lingga akan melakukan pengembangan, terhadap penambahan klinik pengobatan penderita HIV AIDS di RSUD Ensik Mariyam, Daik.

Untuk kasus HIV AIDS di Kabupaten Lingga tergolong paling rendah jika dibandingkan dengan kabupaten kota lain yang ada di Kepri.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved