Breaking News:

KEPRI TERKINI

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Minta Sekolah Cegah Korupsi Sejak Dini

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta sejumlah sekolah mencegah korupsi sejak dini. Ini ia sampaikan dalam sosialisasi di Batam.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa/Dokumentasi Disdik Kepri
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menghadiri sosialisasi dan deklarasi implementasi pendidikan anti korupsi pada satuan pendidikan SMA/SMK dan SLB di Hotel Swiss Bell Batam, Kamis (23/12/2021) . 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menghadiri sosialisasi dan deklarasi implementasi pendidikan anti korupsi pada satuan pendidikan SMA/SMK dan SLB di lingkungan Pemerintah Provinsi/ Pemprov Kepri di otel Swiss Bell Batam, Kamis (23/12/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu terobosan di bidang pendidikan dan sangat penting karena merupakan program mendasar bagi pembentukan Karakter Bangsa.

"Berbicara tentang korupsi, Indonesia merupakan salah satu negara yang selalu mendapatkan perhatian para pakar dari berbagai negara. Menyikapi hal ini, tentunya kita tidak akan tinggal diam, berbagai upaya pemerintah terus dilakukan untuk mengurangi budaya korupsi di tengah masyarakat," ujar Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri mengatakan, bagi dunia pendidikan, upaya itu dapat dilakukan mulai dari pendidikan karakter sejak dini.

Baik di lingkungan keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) formal dan non formal pada satuan pendidikan dasar bahkan sampai jenjang pendidikan selanjutnya.

Baca juga: Gubernur Kepri Dorong Kepala Daerah Bersinergi untuk RUU Daerah Kepulauan

Baca juga: Jadi Faktor Penentu Level PPKM, Wagub Kepri Dorong Percepatan Vaksinasi Lansia

Keberhasilan penanaman nilai-nilai antikorupsi dipengaruhi cara penyampaian dan pendekatan pembelajaran yang dipergunakan.

Namun, agar tidak menambah beban siswa yang sudah cukup berat, perlu dipikirkan secara matang bagaimana model dan pendekatan yang akan dipilih.

Setidaknya, lanjut Ansar Ahmad, ada beberapa model penyelenggaraan pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi yang dapat dilakukan di sekolah, di antaranya pendidikan ekstrakurikuler khusus.

Penanaman nilai anti korupsi dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran misalnya dalam kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan insidental.

Penanaman nilai dengan model ini lebih mengutamakan pengolahan dan penanaman nilai melalui suatu kegiatan untuk dibahas dan dikupas nilai-nilai hidupnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved