Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Ratusan Warga Binaan Rutan Karimun Dapat Asimilasi Selama 2021

Kanwil Kemenkumham Kepri mengungkap jumlah warga binaan rutan Karimun yang menerima asimilasi selama 2021. Prosesnya pun ternyata tak mudah.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Rutan Karimun, Provinsi Kepri. Kanwil Kemenkumham Kepri mengungkap ratusan warga binaan menerima program asimilasi selama 2021. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Ratusan warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun menerima program asimilasi di tahun 2021.

Asimilasi merupakan proses pembinaan narapidana dan anak yang dilaksanakan dengan membaurkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Asisten Pembimbing Kemasyarakatan Mahir pada Pos Bapas Tanjung Balai Karimun, Ade Maharta Gunawan mengungkap ada 147 warga binaan yang menerima program itu.

Ia merupakan perpanjangan tangan dari Bapas Kelas II Tanjungpinang Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Mereka yang memperoleh atau ikut ke dalam program asimilasi tidak lagi berada di tahanan rutan atau dirumahkan," ucap Ade Maharta.

Meski demikian, para warga binaan tersebut tetap dipantau oleh Bapas Kelas II Tanjungpinang untuk mendapatkan pembimbingan dan pengawasan dari Pembimbing Kemasyarakatan.

Baca juga: Tjong Alexleo Fensury Terpidana Penggelapan Jabatan Dapat Asimilasi Rutan Batam

Baca juga: Rutan Batam Data Ratusan WBP Setelah Kemenkumham Perpanjang Program Asimilasi

Program asimilasi ini berdasarkan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yaitu Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No 32 Tahun 2020.

Aturan yang diundangkan pada tanggal 22 Desember 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid 19.

Peraturan Menteri ini berlaku bagi Narapidana yang dua per tiga masa pidananya dan anak yang satu per dua masa pidananya sampai dengan tanggal 30 Juni 2021.

"Namun syarat pemberian Asimilasi yaitu narapidana harus berkelakuan baik saat menjalani pidana dan telah mengikuti satu per dua masa pidana," tambahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved