Breaking News:

LINGGA TERKINI

Kemendagri Tunjuk Lingga Rujukan SIPD se-Indonesia, Mendagri Tito Karnavian Beri Atensi

Kabupaten Lingga masuk dari 21 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menggunakan SIPD secara penuh hingga mendapat perhatian Kemendagri.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa/Dokumentasi Pemkab Lingga
Bupati Lingga Muhamad Nizar saat berbincang dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian yang hadir pada kunjungan kerja ke Batam, Provinsi Keppri belum lama ini. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Lingga Muhammad Nizar bangga.

Kabupaten Lingga yang kini dipimpinnya dipilih Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) menjadi rujukan Sistem Informasi Pembangunan Daerah ( SIPD) untuk kabupaten/kota se-Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

Hal tersebut disampaikannya langsung kepada Mendagri, Tito Karnavian yang hadir pada kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau, bersama seluruh Forkopimda Kepulauan Riau di Hotel Marriot Batam baru-baru ini.

Kabupaten Lingga termasuk dari 21 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menggunakan full SIPD dan menjadi binaan Kemendagri untuk menjadi Role Model SIPD se-Indonesia.

"Terima kasih kepada Mendagri karena dipilihnya Kabupaten Lingga menjadi salah satu rujukan pemerintah daerah Kabupaten dan Kota untuk SIPD penatausahaan keuangan daerah," kata Nizar.

Baca juga: Sejarah Lapangan Hang Tuah di Daik Lingga, Sempat Jadi Pusat Kota di Zaman Kesultanan

Baca juga: 3 Camat Masuk Radar Anak Gubernur Kepri, 174 ASN Dapat Restu Kemendagri

Secara statistik SIPD, Kabupaten Lingga mengalami kemandirian sistem SIPD.

Nizar menjelaskan, sejak SIPD muncul hingga sekarang dari pelaporan, penganggaran hingga proses selanjutnya, pemerintah Kabupaten Lingga, sudah melakukan full menggunakan SIPD.

Walaupun, dia mengakui dalam perjalanan masih ada kendala, namun dibackup dari SIMDA.

Dan selanjutnya untuk penatausahaan laporan setiap bulan ke SIPD Kemenkeu belum terintegrasi.

Mantan Ketua DPRD Lingga ini berharap, hal tersebut dapat dipercepat sehingga daerah tidak lagi telat setiap bulannya menyampaikan laporan keuangan.

Mengingat dampak terlambat melaporkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) konsekuensi pada penundaan Dana Alokasi Umum (DAU).

"Untuk SIPD ini memang akuntansi pelaporan Kabupaten Lingga meminta pendampingan langsung dari Kemendagri untuk LKPD 2021," jelas pria 39 tahun ini.

Mendagri Tito Karnavian pada saat itu menunjukan langsung Agus Fatoni, Kepala Badan Litbang Kemendagri yang kebetulan ikut hadir pada pertemuan tersebut, untuk melakukan pendampingan terkait.

Baca juga: Pesan Menohok Dirjen Kemendagri ke Kadisdukcapil, Pindah Domisili Tak Perlu Surat Pengantar RT/RW

Baca juga: 15.000 Warga Kepri Divaksin Booster saat Launching, Mendagri Puji Antusias Warga

Arahan Mendagri direspon cepat oleh mantan Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri ini, dan bersedia memberikan asistensi serta pendampingan untuk Kabupaten Lingga.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved