Breaking News:

3.092 Orang Masuk Karimun via Pelabuhan Hingga 5 Mei 2022, Arus Balik Lebaran Mulai Terlihat

KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun mencatat ribuan orang masuk via pelabuhan hingga 5 Mei 2022. Jumlah ini diprediksi terus bertambah saat akhir pekan.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Potret kondisi Pelabuhan Domestik Karimun, Jumat (6/5/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Jumlah penumpang arus balik lebaran di Pelabuhan Domestik Karimun terus meningkat.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun mencatat kedatangan dan keberangkatan hingga 5 Mei 2022. 

Dari data tersebut, jumlah kedatangan mencapai 3.092 orang, dan jumlah keberangkatan capai 2.724 orang.

Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Jon Kenedi mengatakan, kepadatan arus balik mulai terlihat meningkat pada H+5.

"Kami memprediksi animo masyarakat pada arus balik mudik ini kian meningkat, hal ini terjadi karna masa cuti bersama dan kembali memulai aktivitas pada instansi masing-masing," ujar Jon Kenedi, Jumat (6/5/2022).

Jon menyebut, arus balik mudik lebaran di tahun 2022 meningkat jika di bandingkan tahun 2019 dan 2020 yang terjadi sebanyak 34 persen.

Bahkan peningkatan yang terjadi ini, Jon menambahkan kenaikan terjadi cukup signifikan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: H+2 Idul Fitri 1443 H, Kapal Ferry Oceana Tambah Jadwal dari Harbour Bay Batam ke Karimun

Baca juga: Generasi Muda Teluk Air Karimun Jaga Tradisi Lampu Colok Sambut Idul Fitri Tetap Lestari

Hal tersebut dipicu oleh kebijakan pemerintah yang kembali memberikan kelonggaran terhadap aturan-aturan bagi pelaku perjalanan domestik di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya, pelaku perjalanan yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua tidak lagi diwajibkan melampirkan hasil negatif antigen atau PCR.

"Kelonggaran penumpang sudah tertuang dalam Surat Edaran Gubernur. Dimana penumpang wajib melakukan vaksin satu dan vaksin dua dan tidak perlu antigen maupun PCR," tambahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved