Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

RSUD Hingga Puskesmas Anambas Bakal Terapkan Sistem BLUD

Seluruh fasilitas kesehatan di Anambas bakal menerapkan manajemen Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

TribunBatam.id/Dokumentasi Pemkab Anambas
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar saat membuka sosialisasi dan bimtek Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di salah satu hotel di Anambas, Rabu, (22/6/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri akan beralih menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Dengan penetapan BLUD UPT, nantinya masing-masing pelayanan pusat kesehatan akan memiliki Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Guna menunjang peralihan itu, penyusunan dokumen perangkat daerah serta sosialisasi dan bimbingan teknis pun telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Anambas melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB).

Sekretaris Daerah Kepulauan Anambas, Sahtiar mengatakan, materi tahap sosialisasi dan bimbingan teknis dipaparkan lansung oleh Perwakilan Badan Pengawasan dan Pembangunan Kepri.

"Ada lima pegawai RSUD dan masing-masing Puskesmas yang kita libatkan menjadi peserta dalam sosialisasi dan bimtek kemarin," ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Bupati Anambas Ucap Syukur, BPH Migas Kabulkan Permohonan Kuota BBM Solar Subsidi

Baca juga: Sekda Anambas Saksikan KKP RI Serahkan Bantuan ke KOMPAK Buat Dukung Konservasi Penyu

Adapun tujuan peralihan BLUD UPT itu lanjutnya, untuk membangun manajemen pengelolaan keuangan di RSUD dan masing-masing puskesmas yang lebih fleksibilitas.

"Sebagaimana Permendagri No 79 tahun 2018, diharapkan RSUD dan Puskesmas dapat meningkatkan profesionalisme, mendorong enterpreneurship, transparansi dan akuntabilitas dalam rangka pelayanan publik," ucapnya.

Lagi menurutnya, realisasi pengalihan status itu dirasa penting, mengingat akreditasi RSUD dan Puskesmas Anambas yang sudah dan sedang dalam tahap peningkatan mutu pelayanan.

"Jadi nanti ada tiga pilar yang diharapkan dalam BLUD, yaitu mempromosikan peningkatan kinerja pelayanan publik, fleksibilitas pengelolaan keuangan dan tata kelola yang baik," terangnya.

Dengan begitu, ia berharap mutu layanan kesehatan bagi masyarakat di Anambas dapat berkualitas dan prima.

Baca juga: Disnaker Anambas Bahas Isu Ekonomi dan Ketenagakerjaan saat Bertemu LKS Tripartit

Baca juga: Bupati Anambas Ajukan Hibah 1 Unit Gedung Pasar Inpres ke Kementerian Keuangan

"Kita dari pemerintah akan terus mendorong serta komitmen mutu kesehatan di Anambas ini lebih baik lagi ke depannya," terangnya.(TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Anambas

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved