Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Dinkes Anambas Klaim Capaian Vaksinasi Corona Anak Hampir Tembus Target Nasional

Dinkes Anambas mengungkap kendala dalam meningkatkan target capaian vaksinasi corona untuk anak.

TribunBatam.id/Noven Simanjuntak
Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Anambas, Lizawati, Selasa (28/6/2022). Organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Anambas ini menyebut jika capaian vaksinasi anak usia enam hingga sebelas tahun di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau sudah hampir memenuhi target nasional. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Capaian vaksinasi anak usia enam hingga sebelas tahun di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau saat ini sudah hampir memenuhi target nasional.

Namun demikian, pemerintah daerah perbatasan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu masih terus mendorong percepatannya guna memutus mata rantai covid-19.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Anambas, Lizawati menyebutkan, capaian vaksinasi anak dosis I kini sudah diangaka 86,63 persen atau 4.342 anak.

Sementara capaian dosis 2 untuk saat ini masih diangka 57,66 persen atau 2.890 anak.

Menurutnya, capaian tersebut masih belum memenuhi target yang diharapkan.

"Maka itu kita masih terus gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada siswa maupun pihak sekolah dan orang tua," ucapnya. Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Anggota DPRD Anambas Usul Lokasi Stand Bazar MTQ Kepri 2022 Dipindah Gegara Faktor Cuaca

Baca juga: Bertepatan Hari Jadi ke-14 Anambas, Bupati Haris Resmikan Sekretariat Yayasan BP2KKA

Selain itu, sosialisasi juga kerap disejalankan oleh tenaga kesehatan puskesmas saat melaksanakan program seperti Badan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di sekolah.

"Teman-teman sudah meminta kepada orang tua supaya anaknya divaksin dan kalau tak mau alasannya kenapa, data itu sudah ada," sebutnya.

Namun kesulitan yang ditemui oleh pihaknya saat ini adalah masih banyakanya pihak orang tua yang enggan menyetujui anaknya divaksin.

"Alasannya tidak ada hanya memang tak mau, kita pun mau bilang apalagi kan. Susah juga sih memang karena anak-anak ini kan masih di bawah penguasaan orang tuannya," ungkap Liza.

Untuk itu ia berharap, adanya dukungan dan kerja sama dari orang tua untuk mewujudkan target pencapaian vaksinasi anak usia enam hingga sebelas tahun di Anambas.

Baca juga: Rapat Paripurna Hari Jadi ke-14 Anambas, Bupati Haris Ingatkan Perjuangan Tokoh Pendahulu

Baca juga: Pemkab Anambas Bertemu Tokoh BP2KKA Jelang Hari Jadi Anambas

"Posisi capaian vaksinasi anak Anambas se-kabupaten/kota di Kepri saat ini paling bawah. Maka itu besar harapan kita adanya dukungan dari masyarakat khususnya orang tua," tuturnya. (TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Anambas

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved