Breaking News:

INFO CUACA

BMKG Prediksi Cuaca Anambas Besok Berpotensi Hujan hingga 1 Agustus 2022

BMKG memprediksi cuaca Anambas berpotensi hujan besok hingga tanggal 1 Agustus 2022. Berikut penjelasannya

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Potret langit mendung di Tarempa Anambas. Cuaca Anambas besok hingga 1 Agustus 2022 berpotensi hujan 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Stasiun Meteorologi Tarempa mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kepulauan Anambas selama seminggu ke depan.

Yakni prakiraan cuaca Anambas dari tanggal 26 Juli hingga 1 Agustus 2022.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribunbatam.id, analisis per tanggal 24 Juli 2022 menunjukkan MJO berada di fase 1, sehingga kurang memberikan kontribusi terhadap proses pembentukan awan-awan hujan di Indonesia.

Berdasarkan model filter spasil MJO, gangguan fenomena MJO terpantau aktif di wilayah.

Pada dasarian II Juli 2022, kelembapan udara relatif (relative humidity) pada lapisan permukaan umumnya di atas 85 persen. Pada lapisan 850 mb, kelembaban udara umumnya di atas 70 % , sedangkan pada lapisan 700 mb umumnya berkisar 80 - 90 % kecuali untuk wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara yang berkisar 50 – 70 %

Indeks ENSO terupdate bernilai -0.32 dan dalam kondisi Netral, sehingga tidak memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas konveksi dan peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia

Namun, Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate bernilai -0.96 yang menunjukkan kondisiIOD Negatif sehingga memberi pengaruh terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia bagian barat.

Masih dalam rilis tersebut, angin Monsun Asia pada dasarian II Juli 2022 mulai tidak aktif dan pada dasarian III Juli hingga II Agustus 2022 dipresiksi tetap tidak aktif.

Baca juga: KISAH Pedagang Rempah di Anambas, Tetap Bertahan Meski Sepi hingga Dagangan Layu

Sementara Angin Monsun Australia pada dasarian II Juli 2022 aktif dan diprediksi tetap aktif hingga dasarian II Agustus 2022.

Monsun Australia membawa massa udara dingin dan relatif lebih kering.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved