Breaking News:

FEATURE

Aksi Warga Karimun Sulap Sampah Plastik Jadi BBM Alternatif Dapat Dukungan Bupati

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengaku kagum dengan inovasi pengolahan limbah plastik jadi BBM alternatif yang dibuat oleh Aditya.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bupati Karimun Aunur Rafiq melihat secara langsung dan memberikan dukungan kepada warganya Aditya Saputra yang mampu menyulap limbah plastik jadi BBM alternatif 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Warga Karimun, Aditya Saputra (31) menciptakan inovasi pengelolaan limbah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) alternatif.

Kerja kerasnya itu berbuah hasil. Ia kini mendapat dukungan dari Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Di hadapan Bupati Rafiq, Aditya mengatakan limbah plastik yang diolahnya itu mampu disulap menjadi BBM alternatif jenis solar, premium dan minyak tanah.

Bupati Rafiq mengaku kagum dengan inovasi yang dilakukan oleh Aditya.

Ia menilai inovasi tersebut menjadi solusi baru dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Karimun.

"Inovasi Aditya yang bekerja sama dengan desa dalam mendaur ulang sampah menjadi BBM alternatif, hasilnya luar biasa," ujar Bupati Rafiq, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Pemkab Karimun Gelar Bazar Pangan Murah Tiap Akhir Pekan Pasca Kenaikan Harga BBM

Bupati meminta agar inovasi itu juga dapat dilakukan oleh bank sampah di tiap desa dan kelurahan di Kabupaten Karimun secara menyeluruh.

"Jadi nanti akan kita fokuskan bagaimana limbah plastik bisa didaur ulang dan memberi nilai ekonomis. Jadi kita akan kembangkan untuk seluruh bank sampah di desa dan kelurahan," ujarnya.

Menurutnya, inovasi pengolahan limbah sampah plastik oleh Aditya sangat ideal. Karena masuk dalam program strategis pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kalau inovasi ini dikembangkan artinya beban sampah ke TPA akan berkurang, memang program strategis pengelolaan sampah idealnya seperti itu. Plastik, kardus dan limbah lainnya harus bisa didaur ulang," ujarnya.

Baca juga: Kisah Inspiratif Aditya Saputra Olah Sampah Plastik Jadi BBM Bermodal Rp 500 Ribu

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved