Breaking News:

BERITA MALAYSIA

Indonesia dan Malaysia Jalin Kerja sama Rp 28 Triliun Berlaku Tiga Tahun

Indonesia dan negeri jiran Malaysia sepakat menjlain kerja sama dengan total Rp 28 triliun yang berlaku efektif selama tiga tahun.

int
ilustrasi foto bendera Indonesia dan Malaysia - Dua negara di Asia Tenggara ini sepakat menjalin kerja sama total Rp 28 triliun yang berlaku efektif tiga tahun kedepan. 

MALAYSIA, TRIBUNBATAM.id - Indonesia dan negeri jiran Malaysia semakin mesra dalam hal kerjasama.

Salah satu kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Malaysia adalah perjanjian swap bilateral dalam mata uang lokal senilai Rp 28 triliun.

Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia sepakat memperbarui perjanjian swap bilateral dalam mata uang lokal atau local currency bilateral swap arrangement (LCBSA) pada 23 September 2022 serta berlaku efektif selama tiga tahun ke depan.

Ini merupakan pembaruan atas perjanjian yang pertama kali disepakati pada tahun 2019.

Pembaruan LCBSA ini juga guna memperkuat kerja sama keuangan antar kedua bank sentral.

Baca juga: Bea Cukai Batam Tangkap Kapal Tanker di Karimun, Bawa 600 KL Solar dari Malaysia

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pembaruan LCBSA ini mencerminkan berlangsungnya penguatan kerja sama keuangan antara BI dan Malaysia.

Serta diharapkan makin meningkatkan kepercayaan pasar terhadap fundamental ekonomi kedua negara.

LCBSA merupakan bentuk kerjasama keuangan bilateral yang lazim dilakukan oleh bank sentral.

Perjanjian ini memungkinkan suatu bank sentral untuk mendapatkan valuta asing dari bank sentral mitra dengan cara saling mempertukarkan mata uang lokal masing-masing negara, untuk kemudian dipertukarkan kembali pada saat jatuh tempo yang telah disepakati.

“Pembaruan perjanjian juga menunjukkan komitmen bersama untuk memperkuat stabilitas pasar keuangan melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas untuk transaksi bilateral antara Indonesia dan Malaysia,” tulis Perry dalam keterangannya, Selasa (27/9).

Baca juga: Polisi Gerebek Penampungan Calon PMI Ilegal di Tanjungpinang yang Akan Dikirim ke Malaysia

Sementara itu, Gubernur Bank Negara Malaysia Tan Sri Nor Shamsiah Mohd Yunus mengatakan, lanjutan kerja sama ini mempertimbangkan perkembangan arus perdagangan yang signifikan antara Malaysia dan Indonesia.

“Kerja sama LCBSA ini juga melengkapi kerja sama keuangan yang telah dimiliki kedua bank sentral yang ditujukan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal pada aktivitas perdagangan dan investasi antar kedua negara,” ucapnya.

KLAIM Turki Soal Indonesia dan Malaysia

Turki pada Senin (26/9/2022) mengatakan, Malaysia dan Indonesia telah menyatakan minatnya untuk membeli drone bersenjata dari perusahaan pertahanan Turki, Baykar.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved