DEMO HONG KONG

Trump: Presiden China Perlu Temui Langsung Para Pengunjuk Rasa di Hong Kong

Menurut Presiden Amerika Serikat Donald Trump, demi mengakhiri aksi unjuk rasa di Hong Kong, perlu diadakan pertemuan antara Presiden China dan massa.

Trump: Presiden China Perlu Temui Langsung Para Pengunjuk Rasa di Hong Kong
Instagram/radii.china
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping 

TRIBUNBATAM.id - Berbagai aksi unjuk rasa di Hong Kong menarik perhatian seluruh penjuru dunia termasuk Amerika Serikat.

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat ini turut memberikan tanggapan terkait aksi unjuk rasa di Hong Kong yang sudah berlangsung lebih dari 10 pekan terakhir.

Melansir dari Reuters, menurut Trump, aksi unjuk rasa di Hong Kong perlu di akhiri dengan pertemuan antara Presiden China Xi Jinping dengan para pengunjuk rasa secara pribadi dan langsung.

Akibat Kebijakan Kontroversial Donald Trump, Amerika Serikat Menunjukkan Sinyal Resesi

Trump: Presiden China Pasti Bisa Selesaikan Krisis Hong Kong Dengan Cepat

Demi Jegal Trump Agar Tak Terpilih Lagi, Begini Strategi China

Trump Minta Rp 14 Triliun pada Korea Selatan Sebagai Biaya Pengamanan dari Ancaman Korea Utara

Tiga Penembakan Massal Tewaskan 34 Orang Sepekan, Trump Salahkan Video Game

"Jika Presiden Xi bersedia untuk bertemu langsung dan secara pribadi dengan para pengunjuk rasa, akan ada akhir yang bahagia dan tercerahkan untuk persoalan Hong Kong. Saya yakin!" tulis Trump dalam twitnya, Kamis (14/8/2019).

Pernyataan Trump di akun media sosialnya itu datang sehari setelah presiden berusia 73 tahun itu mengikat perjanjian perdagangan AS dengan China ke resolusi yang manusiawi dari minggu-minggu protes yang melanda Hong Kong.

Beberapa jam sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS menyampaikan keprihatinan atas laporan akan adanya pergerakan pasukan paramiliter China di sepanjang perbatasan Hong Kong.

Sementara sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri China pada Kamis (15/8/2019), yang mengatakan Beijing telah mencatat komentar Trump dan mengingatkan bahwa mereka perlu menyelesaikan sendiri krisis di Hong Kong.

Bulan lalu, Trump mengatakan bahwa Xi telah bertindak dengan sangat bertanggung jawab dalam menangani aksi demonstrasi.

Surat kabar Financial Times melaporkan sebelumnya pada Juli lalu bahwa presiden AS telah setuju dengan Xi pada KTT G20 untuk mengurangi kritik terhadap cara China menangani krisis.

Sebelumnya, pada Rabu (14/8/2019), Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mendukung pendekatan itu dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

Halaman
123
Editor: Putri Larasati Anggiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved