Breaking News:

HEADLINE TRIBUN BATAM

Resmi Rangkap Jabatan BP Batam, Rudi, Walikota dengan Kewenangan Pusat

Rudi adalah walikota ketujuh Batam, dan akan jadi pejabat Kepala BP Batam pertama dari 10 kepala otorita Batam yang merangkap kepala pemerintahan kota

wahyu
halaman 01 TB 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Jika tidak ada perubahan, hari ini, Jumat (27/9/2019), H Muhammad Rudi akan dilantik sebagai Ex-Officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam.

HM Rudi adalah wali kota ketujuh Kota Batam, dan akan menjadi pejabat Kepala BP Batam pertama dari 10 kepala otorita Batam (1979 yang merangkap sekaligus (ex officio) sebagai kepala pemerintahan level kota.

Dengan jabatan baru ini, Rudi akan menjadi 1 dari 514 kepala daerah di Indonesia dengan kewenangan khusus dan besar di bidang ekonomi, investasi, pajak dan fiskal serta regulasi, yang sebelumnya jadi kewenangan pusat.

Di 34 provinsi di Indonesia ada kabupaten (415), 1 kabupaten administrasi, 93 kota, dan 5 kota administrasi.

Kabar pelantikan Wali Kota Batam HM Rudi sebagai Ex-Officio Kepala BP Batam disampaikan Sekretaris Menko Perekonomian RI, Susiwijono kepada Tribun, Kamis (26/9).

"Insya Allah besok (Jumat (27/9) hari ini, red) sore ada rapat Dewan Kawasan, akan menetapkan pengangkatan Wali Kota Batam sebagai Kepala BP Batam secara ex officio, dan sekaligus pelantikan," kata Susiwijono via pesan whatsaap, Kamis (26/9) kepada Tribun.

Diduga terkait dengan pelantikannya Jumat ini, Wali Kota Batam HM Rudi juga sudah bertolak ke Jakarta. Kamis (26/9) kemarin Rudi sudah berangkat ke Jakarta.

IBARAT 1 Nakhoda 2 Mesin, Begini Cara Kerja Walikota Ex Officio Kepala BP Batam Usai Dilantik

Rudi Bakal Dilantik Walikota Ex Officio Kepala BP Batam, Begini Reaksi Pegawai BP Batam

"Bapak ke Jakarta," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad kepada Tribun di Gedung Wali Kota Batam di Jalan Engku Putri, Batam Center, Batam, Kepri.

Namun mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam ini, mengaku tak tahu pasti agenda Wali Kota Batam ke Jakarta."Mungkin ada yang dikoordinasikan dengan Menko. Karena ada banyak agenda di sana," ujarnya.

"Kalau tanya ex officio, ke beliau (Rudi) saja," kata Amsakar.

Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady mengaku sudah mendapat kabar terkait rencana pelantikan Wali Kota sebagai Ex Officio Kepala BP Batam, Jumat (27/9) yang diawali dengan rapat dewan kawasan.

"Infonya besok (Jumat ini, red) siang rapat Dewan Kawasan, dengan kemungkinan pelantikan ex officio sesudahnya," kata Edy via pesan whatsaap kepada Tribun, Kamis (26/9).

Staf Khusus Kemenko Perekonomian RI ini memastikan, ia tidak akan ikut dalam rapat tersebut. Edy memilih waktunya ke di Batam untuk mengemas barang-barang pribadinya.

Itu sebelum ia melepas tugasnya sebagai pimpinan BP Batam, dan balik ke Jakarta. "Saya besok di Batam, beres-beres," ujarnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved