Breaking News:

Investigasi Asal Mula Covid-19 di Wuhan, Tim WHO Temui si Wanita Kelelawar

Dalam pertemuannya itu, tim WHO bertemu dengan ahli virus terkemuka di sana untuk mencari petunjuk asal mula pandemi COVID-19.

Editor: Danang Setiawan
AFP PHOTO/HECTOR
Sejumlah tim berisi pakar internasional yang diutus Badan Kesehatan Dunia (WHO) meninggalkan pusat karantina di Wuhan, China, pada Kamis, 28 Januari 2021.Investigasi Asal Mula Covid-19 di Wuhan, Tim WHO Temui si Wanita Kelelawar 

TRIBUNBATAM.id, WUHAN - Investigasi Asal Mula Covid-19 di Wuhan, Tim WHO Temui si Wanita Kelelawar.

Tim akan menghabiskan waktu dua minggu untuk melakukan kerja lapangan setelah menyelesaikan karantina hotel selama dua minggu setelah tiba di Wuhan.

WHO, yang telah berusaha untuk mengelola ekspektasi untuk misi Wuhan.

WHO membatasi anggotanya pada kunjungan yang diselenggarakan oleh China dan tidak memiliki kontak dengan anggota komunitas, karena pembatasan kesehatan.

Beberapa ilmuwan telah meminta China untuk merilis rincian semua sampel virus corona yang dipelajari di laboratorium.

Hal itu untuk melihat mana yang paling mirip dengan SARS-CoV-2.

Tim penyelidik yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengunjungi laboratorium penelitian virus di pusat kota Wuhan di China.

Baca juga: Temuan WHO tentang Covid-19 di China Picu Kemarahan, Cuma 1 Jam di Pasar Basah Wuhan

Baca juga: Sempat Ditutupi China, Kini WHO Sebut Gagal Identifikasi Sumber Wabah Covid-19, Ragu dari Wuhan

Dalam pertemuannya itu, tim WHO bertemu dengan ahli virus terkemuka di sana untuk mencari petunjuk asal mula pandemi COVID-19.

“Pertemuan yang sangat penting hari ini dengan staf di WIV termasuk Dr Shi Zhengli. Pertanyaan kunci ditanyakan & dijawab, ”kata anggota tim Peter Daszak di Twitter.

Pakar dari China dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengenakan masker saat mengunjungi Rumah Sakit Wuhan Tongji, pusat wabah virus corona di Hubei, China, 23 Februari 2020.
Pakar dari China dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengenakan masker saat mengunjungi Rumah Sakit Wuhan Tongji, pusat wabah virus corona di Hubei, China, 23 Februari 2020. (CHINA DAILY/REUTERS via VOA INDONESIA)

Shi, seorang pemburu virus terkenal yang telah lama berfokus pada virus corona.

Shi merupakan salah satu orang pertama tahun lalu yang mengisolasi virus corona baru yang menyebabkan COVID-19.

Berkat itu, dirinya mendapat julukan "Wanita Kelelawar".

Kebanyakan ilmuwan, termasuk Shi, menolak hipotesis kebocoran laboratorium.

Petugas medis menggunakan obat tradisional tiongkok, seperti akupuntur untuk menangani pasien covid-19 di Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada 21 April 2020
Petugas medis menggunakan obat tradisional tiongkok, seperti akupuntur untuk menangani pasien covid-19 di Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada 21 April 2020 (Xinhua/Wang Yuguo)

Namun, beberapa ahli berspekulasi bahwa virus yang ditangkap dari alam liar dapat ditemukan dalam eksperimen laboratorium untuk menguji risiko limpahan manusia.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved