Breaking News:

NATUNA TERKINI

Update Pembangunan Pelabuhan Samudera di Natuna: Masih Studi Kelayakan

Plt Kadishub Natuna Allazi menyebut saat ini progres pembangunan Pelabuhan Samudera di Natuna masih tahap studi kelayakan lokasi

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
Tribunbatam.id/ Muhammad Ilham
Update Pembangunan Pelabuhan Samudera di Natuna: Masih Studi Kelayakan. Foto Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Natuna Allazi 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Lokasi pembangunan Pelabuhan Samudera di Kabupaten Natuna kabarnya akan bergeser.

Dari semula di Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara ke wilayah Teluk Depeh, Kecamatan Bunguran Selatan.

Dimintai tanggapannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Natuna, Allazi mengaku belum mengetahui pasti soal wacana itu, termasuk kapan waktunya.

Pasalnya Allazi memaparkan, saat ini tahapan pembangunan Pelabuhan Samudera itu masih proses studi kelayakan (Feasibility Study) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepri, untuk menentukan kelayakan lokasi pembangunan tersebut ke depannya.

"Saya belum tahu kapan wacana pergeseran itu. Yang jelas sekarang sedang dalam proses studi kelayakan untuk Pelabuhan Samudera Teluk Buton. Jadi baiknya kita tunggu saja hasil studi itu," kata Allazi kepada Tribunbatam.id, Sabtu (20/11/2021)

Menurutnya, dalam proses studi kelayakan itu tentu tidak cukup mempelajari satu lokasi sebagai perbandingan untuk direkomendasikan kepada pemerintah pusat.

Dalam studi itu, banyak aspek yang dikaji mulai dari aspek sosial, potensi ekonomi ke depan sampai kepada ketersediaan lahan untuk pembangunan. Sehingga pembangunannya dinyatakan layak di lokasi tersebut.

Baca juga: Bupati Wan Siswandi: Natuna Siap untuk Pembangunan Pelabuhan Samudera

Baca juga: Bupati Natuna Bahas Pembangunan Pelabuhan Samudera, Vicon dengan Dubes KBRI di Jepang

"Tim FS boleh mengkaji lokasi mana saja. Cuma setahu saya sampai saat ini, kencenderungan pemerintah pusat memang di Utara, di Desa Teluk Buton itu. Tapi sekali lagi, baiknya kita tunggu saja hasil FS itu," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, terdapat wacana pergeseran lokasi pembangunan Pelabuhan Samudera dari Teluk Buton ke Desa Teluk Depeh.

"Pelabuhan Samudera tetap lanjut. Tapi belakangan ini ada wacana dari sejumlah pihak untuk dibangun di Teluk Depeh. Ini jadi bahan pertimbangan juga," kata Ansar kepada sejumlah wartawan di Ranai beberapa waktu lalu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved