Breaking News:

KORUPSI DI BINTAN

Babak Baru Kasus Korupsi Apri Sujadi Cs, Jaksa sudah Kirim Berkas ke PN Tanjungpinang

Plt Jubir KPK Ali Fikri menyebut tim jaksa telah melimpahkan berkas kasus korupsi Apri Sujadi dan M Saleh Umar ke PN Tanjungpinang, Selasa (21/12)

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Istimewa
Babak Baru Kasus Korupsi Apri Sujadi Cs, Jaksa sudah Kirim Berkas ke PN Tanjungpinang. Foto Pelaksana tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (Plt Jubir KPK), Ali Fikri. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Babak baru kasus dugaan korupsi yang menyeret Bupati Bintan nonaktif Apri Sujadi dan Plt Kepala BP Bintan M Saleh Umar segera dimulai.

Pasalnya Tim Jaksa telah melimpahkan berkas perkara korupsi keduanya ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, pada Selasa (21/12/2021).

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri.

Ia mengatakan, pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan terdakwa Apri Sujadi dan M Saleh Umar itu berkaitan korupsi pengaturan barang kena Cukai dalam pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan Wilayah Kabupaten Bintan Tahun 2016 sampai 2018.

"Hari ini Tim Jaksa telah melimpahkan berkas perkara beserta surat dakwaan terdakwa Apri Sujadi dan kawan-kawan ke Pengadilan Tipikor pada PN Tanjungpinang," ujar Ali Fikri.

Ia menyampaikan, penahanan kedua terdakwa itu beralih dan menjadi sepenuhnya kewenangan Pengadilan Tipikor PN Tanjungpinang.

"Untuk sementara waktu tempat penahanannya masih dititipkan pada Rutan KPK. Terdakwa Apri Sujadi ditahan di Rutan KPK pada gedung Merah Putih. Terdakwa Mohd. Saleh H Umar ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1," sebutnya.

Selanjutnya, Tim Jaksa akan menunggu penetapan penunjukan Majelis Hakim, beserta penetapan hari sidang pertama dengan acara pembacaan surat dakwaan.

Baca juga: KPK Periksa Eks Gubernur Kepri Nurdin Basirun terkait Kasus Korupsi Apri Sujadi

Baca juga: Giliran Pejabat BC Tanjungpinang Diperiksa KPK terkait Kasus Dugaan Korupsi Apri Sujadi

Segera Disidang

Sidang kasus korupsi terhadap Bupati Bintan nonaktif, Apri Sujadi serta Kepala BP Kawasan Bintan, Mohad Saleh Umar akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved