Breaking News:

KEPRI TERKINI

Insiden Boat Angkut PMI di Malaysia, Bangsal Sempat Mohon Doa Keselamatan

Cerita miris kembali terungkap dari insiden boat angkut PMI yang tenggelam di Malaysia. Keterlibatan oknum TNI pun terungkap dari penyidikan kasus ini

TribunBatam.id via Kompas.com/Idham Khalid
Keluarga Bangsal Udin Basar, korban kapal tenggelam membawa PMI di Malaysia asal Desa Kawo, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

MALAYSIA, TRIBUNBATAM.id - Insiden yang dialami Pekerja Migran Indonesia (PMI) di sekitar perairan Tanjung Balau, Kota Tinggi, Johor Bahru, Malaysia pada Rabu (15/12/2021) masih membekas di keluarga Bangsal Udin Basar.

Warga Desa Kawo, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menjadi salah satu korban dari insiden yang menyulut keprihatinan itu.

Bangsal bersama 63 Pekerja Migran Indonesia (PMI) lainnya hendak menuju Malaysia menggunakan boat dari pelabuhan darurat di Pulau Bintan, Provinsi Kepri.

Nahas, dalam perjalanan boat yang mereka gunakan tenggelam akibat cuaca ekstrem.

Data sementara 21 orang tewas, 30 orang belum ditemukan dan 13 orang selamat.

Semua penumpang di dalam kapal tersebut adalah warga negara Indonesia.

Baca juga: TNI AL Gagalkan Penyelundupan PMI Ilegal ke Malaysia, Termasuk Seorang Balita

Baca juga: Kisah Miris Malaysia & TKI, KBRI Kuala Lumpur : Malaysia Belum Dibuka Untuk Penempatan PMI

Mereka yang selamat bahkan menjalani proses hukum.

Istri Bangsal, Murni (40), mengatakan, suaminya berencana ke Malaysia karena desakan ekonomi dan kebutuhan biaya sekolah anaknya.

"Dia mau cari uang katanya, anak yang paling besar itu sekolah pondok, dan itu yang membuat keras hatinya ingin ke sana," ujarnya seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Bangsal berangkat ke Malaysia karena kesulitan mendapat pekerjaan dan ia ditawari oleh teman-temannya yang lebih dulu ke Malaysia.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved