Breaking News:

PUBLIC SERVICE

Syarat dan Cara Mengurus e-KTP yang Hilang, Tak Perlu Lagi Pengantar RT/RW

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu dokumen kependudukan yang penting dan wajib dimiliki oleh penduduk Indonesia. Yang termasuk dalam kate

Tribun Batam/Danang Setiawan
Ilustrasi e-KTP 

TRIBUNBATAM.id - Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) merupakan salah satu dokumen kependudukan yang penting dan wajib dimiliki oleh penduduk Indonesia. 

Yang termasuk dalam kategori penduduk Indonesia adalah mereka Warga Negara Indonesia (WNI) juga Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki izin tinggal tetap dan berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah. 

Pentingnya kepemilikan e-KTP lantaran di dalam kartu identitas tersebut terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang diperlukan untuk mengakses berbagai keperluan pelayanan publik. 

Misalnya membuat Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), membuka rekening bank, mendaftar asuransi kesehatan, melamar pekerjaan, syarat terdaftar di berbagai program pemerintah, dan lain sebagainya. 

Jadi, apabila tidak memiliki e-KTP atau dalam hal ini kehilangan e-KTP, kemungkinan akan kesulitan mengakses suatu layanan publik atau memenuhi persyaratan data kependudukan saat mengurus suatu hal.

Baca juga: Syarat dan Cara Mengurus Pindah KTP Lebih Mudah, Begini Tahapannya

Baca juga: Cara Bikin e-KTP Terbaru 2022, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

Lantas, jika kita kehilangan e-KTP, bagaimana cara mengurusnya?

Cara mengurus KTP hilang

Ternyata cara mengurus KTP yang hilang cukup mudah, terlebih saat ini KTP yang digunakan adalah KTP Elektronik (e-KTPl) sehingga data yang tercatat ketika awal pembuatan KTP secara otomatis sudah terekam di basis data milik pemerintah.

Jadi, ketika Anda mengurus kehilangan KTP, Anda tidak perlu melakukan pendataan ulang untuk mendapatkan KTP yang baru.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan dalam video yang ia unggah di TikTok @zudanariffakrulloh, bagaimana cara mengurus KTP hilang dan apa saja syarat yang diperlukan. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved