Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Beli Minyak Goreng Curah di Karimun Wajib Bawa KTP Masih Tahap Sosialisasi

Pemkab Karimun gencar mensosialisasikan pembelian minyak goreng curah dengan membawa Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Energi Sumber Daya Mineral, Basori saat ditemui, Jumat (1/7/2022). Pembelian minyak goreng curah menggunakan NIK KTP di Karimun masih dalam tahap sosialisasi. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pembelian minyak goreng curah menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau NIK KTP bakal berlaku di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM dan Energi Sumber Daya Manusia, Basori mengatakan, sebagai tahap awal, pembelian minyak goreng curah menggunakan NIK di Karimun masih dalam tahap sosialisasi.

Ia mengatakan, syarat membeli minyak goreng curah menggunakan NIK pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik merupakan kebijakan pemerintah pusat.

"Pembelian minyak goreng curah di Karimun bakal menggunakan NIK KTP," ungkapnya, Jumat (1/7/2022).

Pada awal Juni 2022, sebanyak 20 ton minyak goreng curah masuk ke Karimun dari PT Son yang berada di Kota Batam sebagai tahap pertama.

Mereka akan mengkaji peminat minyak goreng curah untuk warga Karimun.

Baca juga: Mulai Hari Ini Beli Minyak Goreng Curah di Lingga Pakai Kartu Keluarga Diterapkan

Baca juga: Pembelian Minyak Goreng Curah Pakai KTP di Tanjungpinang Masih Tahap Sosialisasi

Baca juga: Cara Beli Minyak Goreng Curah Rp14.000 Pakai Aplikasi PeduliLindungi atau KTP

Menurutnya, efektifitas pembelian minyak goreng curah menggunakan NIK bertujuan menghindari kejahatan dari oknum untuk menghilangkan harga subsidi.

"Memang secara umum HET untuk minyak goreng curah di Karimun Rp 15 ribu. Jika pembelian dengan syarat KTP atau NIK, satu kepala bisa membeli 10 kilogram minyak," ujarnya.

Kebijakan pembelian minyak goreng curah menggunakan NIK KTP itu menuai tanggapan di kalangan ibu rumah tangga (IRT) yang mengungkap akan keresahan stok minyak goreng curah di Karimun.

Ia berharap dengan adanya minyak goreng curah subsidi bisa berimbas akan menurunnya kebutuhan pokok lainnya.

"Kalau hanya menunjukan KTP gak apa-apa, bersyukur minyak goreng subsidi sudah ada lagi di Karimun. Tapi saya khawatir akan stoknya, nanti kayak kemarin putus lagi barangnya. Semoga kualitas minyak goreng curah ini bersih tidak kotor. Sekarang minyak goreng subsidi, semoga barang kebutuhan lainnya juga di subsidi pemerintah," ujar ibu-ibu yang mengenakan hijab hitam saat ditemui TribunBatam.id.(TRIBUNBATAM.id/Yeni Hartati)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Karimun

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved