Breaking News:

BATAM TERKINI

Dalam Rangka HUT RI, 3.657 Orang Warga Binaan di Kepri Dapat Remisi Umum

3.656 warga Binaan di lingkungan pemasyarakatan di bawah naungan Kakanwil KemenkumHAM Kepri mendapatkan remisi, 25 di antaranya anak pidana.

ISTIMEWA
Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kakanwil KemenkumHAM, Kepri Dwi Nastiti berfoto bersama Gubenur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran pemerintah Provinsi saat penyerahan remisi bagi warga binaan di Kepri. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sempena HUT ke-77 Republik Indonesia, sebanyak 3.656 warga Binaan di lingkungan pemasyarakatan di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil KemenkumHAM) kepri mendapat remisi.

Dari 3.657 warga binaan yang mendapat remisi tersebut 25 orang di antaranya anak pidana (anak yang tersandung hukum,red).

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kakanwil KemenkumHAM, Kepri Dwi Nastiti, menyebutkan pemberian remisi tersebut berdasarkan Undang-undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Selain itu Keputusan Presiden RI Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi, peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 07 Tahun 2022 
tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manuasia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian 
Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.

Dwi menjelaskan, Remisi Umum adalah pengurangan hukuman yang diberikan kepada narapidana dan anak saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya tiap tanggal 17 Agustus.

Baca juga: 24 Partai Politik di Batam Sudah Lengkapi Syarat Administrasi Peserta Pemilu 2024 

Dia juga menjelaskan, pemberian remisi merupakan wujud negara hadir dengan memberikan penghargaan atas segala pencapaian positif bagi narapidana dan anak serta telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Remisi Umum diberikan kepada narapidana dan anak yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, di antaranya harus berkelakuan baik tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana,red), telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan 3 bulan bagi anak
serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas/LPKA/Rutan.

Untuk remisi di Provinsi Kepri, berikut rincian dari setiap Lapas dan Rutan di Kepri.

1. Lapas Kelas II Tanjungpinang, sebanyak : 380 orang

2. Lapas Kelas IIA Batam, sebanyak : 1.052 orang

3. Lapas Kelas IIA Narkotika Tanjungpinang, sebanyak : 713 orang

4. LPKA Kelas II Batam, sebanyak : 21 orang

5. LPP Kelas IIB Batam, sebanyak : 184 orang

6. Lapas Kelas III Dabo Singkep, sebanyak : 57 orang

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved