VIRUS CORONA

Natuna & 2 Daerah Ini Kembali Jadi Opsi Tempat Observasi Jilid 2 Ratusan WNI terkait Corona

Yuri bilang sudah ada 3 opsi lokasi, yakni Biak, Papua dan Natuna untuk tempat observasi. Kendati demikian masih menunggu perintah presiden

Natuna & 2 Daerah Ini Kembali Jadi Opsi Tempat Observasi Jilid 2 Ratusan WNI terkait Corona
(Istimewa)
WNI dari Wuhan melakukan senam pagi di Ranai, Natuna, Minggu (03022020) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Baru beberapa hari lalu, 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, selesai menjalani masa observasinya di Natuna. Observasi jilid 2 dikabarkan akan kembali berlangsung di Natuna.

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pemerintah pusat. Menyusul ratusan WNI dari kapal MV Diamond Princess dan kapal MV Dream World akan segera menjalani serangkaian proses evakuasi.

Ada sebanyak 78 WNI di kapal Diamond Princess yang dikarantina Jepang serta 209 WNI kru kapal Dream World yang diisolasi Hong Kong akan segera dibawa ke Indonesia.

Dari informasi yang dihimpun Tribunbatam.id, kapal MV Dream World yang mengangkut ratusan WNI itu saat ini sudah berada di perairan laut lepas Bintan Provinsi Kepri. Sedangkan kapal MV Diamond Princess saat ini sedang berlabuh di Jepang.




Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto saat dihubungi Tribunbatam.id mengatakan, untuk mekanisme penjemputan pihaknya masih menunggu instruksi presiden.

"Belum ada perintah penjemputan dari presiden. Semua kegiatan ditujukan untuk penyiapan jika sewaktu waktu turun perintah penjemputan, termasuk Natuna," ujarnya, Sabtu (22/2/2020) siang.

Masa Observasi WNI dari Wuhan Selesai, Hanggar Lanud Raden Sajad Natuna Disterilisasi

Ia melanjutkan, untuk kedua kapal MV Diamond Princess dan kapal MV Dream World, fokus pemerintah untuk menjemput WNI yang ada di dalamnya.

Hanya saja untuk lokasi tempat mereka diobservasi masih menunggu instruksi presiden.

"Sudah ada 3 opsi lokasi, sama seperti yang kemarin, Biak, Papua dan Natuna. Kendati demikian masih menunggu perintah presiden," sambungnya.

Namun dari 3 lokasi tersebut, Natuna menjadi opsi pilihan. Lantaran sejumlah persiapan fasilitas yang dimiliki telah memadai untuk melangsungkan observasi jilid 2 pasca 238 WNI dinyatakan negatif setelah menjalani serangkaian observasi di Lanud Raden Sajad, Natuna.

Halaman
1234
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved