Breaking News:

ANAMBAS HARI INI

Tinggi Gelombang di Anambas dan Natuna Capai 6 Meter, BMKG Ingatkan Nelayan dan Transportasi Laut

waspada terhadap gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di wilayah perairan Bintan, 4 meter di wilayah perairan Kepulauan Anambas dan 6 meter

Penulis: Rahma Tika | Editor: Zabur Anjasfianto
Tribunnews
BMKG keluarkan peringatan dini gelombang laut capai 6 meter 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Anambas peringatkan adanya potensi cuaca ekstrem di Kepulauan Anambas.

Kepala BPBD Kepulauan Anambas, Syarif Ahmad saat dikonfirmasi mengatakan dirinya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat dan dinas setiap pelabuhan serta pengguna transportasi laut bahwa potensi cuaca ekstrem ini diperkirakan akan terjadi pada 3 sampai 5 Desember 2021.

“Adanya potensi angin kencang dan cuaca ekstrem ini sudah kita himbau melalui surat dan dari lisan ke lisan, kita sudah menghimbau kepada masyarakat khusunya pengguna atau pengelola transportasi laut untuk waspada dan berhati-hati selama cuaca ekstrem berlangsung,” kata Kepala BPBD, Syarif, Jumat (3/12/2021).

Ia juga menegaskan kepada pihak pengelola transportasi laut untuk menyediakan life jacket bagi penumpang.

Baca juga: BMKG Batam Ingatkan Ancaman Gelombang hingga 5 Meter di Sejumlah Perairan Kepri

Baca juga: Banjir di Natuna, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan: Belum ada Evakuasi Darurat

Baca juga: China Usik Laut Natuna Utara Kepri, Desak Indonesia Stop Pengeboran Migas

“Cuaca seperti ini memang setiap tahun sudah sering di rasakan, namun kami tetap terus menghimbau para nelayan, pengguna kapal speed boat dan pompong agar tidak memaksakan diri berlayar ditengah cuaca saat ini,” tegasnya.

Sementara itu berdasarkan info perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Tarempa menyampaikan adanya potensi angin di atas 25 knot di laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Anambas dan sekitarnya, dan potensi gelombang tinggi mencapai 6 meter di laut Natuna Utara.

Kepala BMKG Kelas III Tarempa, Sirajul Munir menyebutkan ketinggian gelomban berdasrkan prakiraan cuaca akan terjadi pada 4 - 5 Desember di perairan Utara dan Selatan Anambas.

“Potensi gelombang di tanggal itu bisa mencapai 6 meter, jadi harus terus waspada dan ini masuk kategori sangat tinggi,” terangnya.

Terpisah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kepri memprakirakan cuaca untuk wilayah Kabupaten Natuna, diprediksi hujan akan turun sepanjang hari.

Forecaster On Duty, Addini mengatakan bahwa terdapat daerah konvergensi di wilayah Kepri yang menyebabkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan bertambah.

"Secara umum kondisi cuaca di Kepri hari ini diprakirakan berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi hingga malam hari," kata Addini.

Menurutnya, untuk seluruh wilayah Kabupaten Natuna diprakirakan akan diguyur hujan sepanjang hari, mulai dari pagi hingga malam hari.

Dengan kondisi tersebut, ia memperingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Natuna dan Anambas.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau waspada terhadap gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di wilayah perairan Bintan, 4 meter di wilayah perairan Kepulauan Anambas dan 6 meter di wilayah perairan Natuna," imbaunya.(TRIBUNBATAM.id/RAHMA TIKA/MUHAMMAD ILHAM)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved