Dinkes Gelar Pertemuan Koordinasi Gerak Cepat Tingkat Provinsi Kepri

Dinkes Kepri mengajak 40 orang dari lintas sektor dan program di Kepri menggelar Pertemuan Koordinasi Gerak Cepat Tingkat Provinsi Kepri.

Dinkes Gelar Pertemuan Koordinasi Gerak Cepat Tingkat Provinsi Kepri
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Dinas Kesehatan Kepri mengajak 40 orang untuk memperkuat kapasitas tim gerak cepat dalam rangka kesiapsiagaan deteksi dini dan manajemen penyakit di tingkat Provinsi. 

TRIBUNBATAM.id - Peristiwa bertambahnya penderita atau kematian yang disebabkan oleh suatu penyakit menular di suatu wilayah tertentu, kadang-kadang dapat merupakan kejadian yang mengejutkan dan membuat heboh masyarakat di wilayah itu.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kepri mengajak 40 orang, yang terdiri dari lintas sektor dan program di Provinsi Kepulauan Riau, dengan narasumber dari Subdit Surveilans Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau pada Selasa (6/8/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Comforta Tanjungpinang ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperkuat kapasitas Tim Gerak Cepat dalam rangka kesiapsiagaan deteksi dini dan manajemen penyakit ditingkat Provinsi.

Secara umum kejadian ini disebut dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan dapat menimbulkan suatu wabah yang menyerang masyarakat luas dalam waktu singkat yang diakibatkan oleh penyakit menular.

Kejadian Luar Biasa (KLB) yang telah terjadi di Provinsi Kepulauan Riau pada awal tahun 2019 adalah adanya keracunan makanan di Kabupaten Bintan dan Kepulauan Anambas, serta Suspek MERS di Kabupaten Karimun.

Selain penyakit tersebut diatas terdapat juga penyakit yang masuk dalam kategori Penyakit Infeksi Emerging Disease yaitu New Emerging Disease dan Re-Emerging Diseases yang mana penyakitnya yaitu Penyakit Virus Ebola, Virus Hanta, Kaki Tangan dan Mulut, Virus Nipah, Penyakit Berdarah Crimean Congo, Demam Rift Halley, Demam Kuning, dan Demam Lassa dan penyakit virus baru lainnya.

Dinkes Kepri Gelar Sosialisasi Gema Cermat Dan Optimalisasi AoC untuk Dukung Germas di Lingga

Dinkes Kepri Gelar Pertemuan Pemutakhiran Dan Analisis Data Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

Dinkes Kepri Gelar Pertemuan Advokasi Terpadu Lintas Sektor Program Prioritas Kesehatan di Batam

Dalam rangka upaya penanggulangan KLB, dibentuk Tim Gerak Cepat (TGC) di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Tim Gerak Cepat terdiri atas tenaga medis, epidemiologi kesehatan, sanitarian, entomolog kesehatan, tenaga laboratorium dengan melibatkan tenaga pada program/sektor terkait maupun masyarakat.

Untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja surveilan terutama dalam koordinasi kegiatan penanggulangan maka dirasa perlu diadakan pertemuan peningkatan kapasitas Tim Gerak Cepat di setiap tingkat. (*)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved