Lanal TBK Dapat Serangan Udara, Begini Simulasi Prajurit TNI AL Pertahankan Pangkalan

Lanal TBK mendapat serangan udara, Selasa (27/8/2019). Begini simulasi prajurit TNI AL menghadapi serangan tersebut.

Lanal TBK Dapat Serangan Udara, Begini Simulasi Prajurit TNI AL Pertahankan Pangkalan
TRIBUNBATAM.id/Elhadif Putra
Rangkaian kegiatan Glagaspur P1 dan P2 meliputi menembak senjata laras penjang dan pendek di Lapangan Tembak Kompi Raider Khusus/136 Tuah Sakti di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun, Selasa (27/8/2019). 
TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Kondisi Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) yang sedang tenang tiba-tiba terusik.
Lanal TBK mendapatkan serangan udara tiba-tiba, Selasa (27/8/2019).
Dua pesawat udara terlihat datang dari jauh dan akan menyerang pangkalan.
Setelah Komando Pusat Utama memberi instruksi, seluruh anggota mengambil senjata dan bersiaga di posisi tempur masing-masing.
Peperangan tak dapat terelakan.
Simulasi unjuk rasa di Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) berakhir ricuh. Foto 4
Simulasi unjuk rasa di Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) berakhir ricuh. Foto 4 (TRIBUNBATAM.id/Elhadif Putra)
Rentetan tembakan datang dari pesawat musuh.
Suara-suara tembakan juga keluar dari moncong senjata para prajurit.
Mereka berusaha mempertahankan pangkalan dan mengusir penyerang.
Meski berhasil memenangkan pertempuran, namun kondisi pangkalan rusak.
Sejumlah ledakan dan kebakaran terjadi akibat pertempuran.
Mobil pemadam kebakaran datang.
Prajurit Lanal TBK dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.
Bagian medis yang telah siaga segera mengevakuasi dan menyelamatkan prajurit yang mengalami luka bakar.
Namun ini bukanlah serangan yang sebenarnya.
Simulasi unjuk rasa di Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) berakhir ricuh. Foto 2
Simulasi unjuk rasa di Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) berakhir ricuh. Foto 2 (TRIBUNBATAM.id/Elhadif Putra)
Kegiatan ini merupakan Uji Trampil Gladi Tugas Tempur Pangkalan 1 dan Pangkalan 2 (Glagaspur P1 dan P2) Lanal TBK hari ke dua.
Penguji adalah tim dari Komando Latihan Koarmada I (Kolat Koarmada I) yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Taman Sembiring.
Rangkaian kegiatan Glagaspur P1 dan P2 meliputi menembak senjata laras penjang dan pendek di Lapangan Tembak Kompi Raider Khusus/136 Tuah Sakti di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun.
Kemudian ada renang militer di kolam renang Viarama Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun.
Setelah itu dilanjutkan dengan Pertahanan Pangkalan (Hanlan), peran kebakaran dan peran evakuasi medis korban kebakaran di Mako Lanal TBK di jalan Nusantara, Kelurahan Balai Kota, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun.
Rangkaian kegiatan Glagaspur P1 dan P2 meliputi menembak senjata laras penjang dan pendek di Lapangan Tembak Kompi Raider Khusus/136 Tuah Sakti di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun.
Rangkaian kegiatan Glagaspur P1 dan P2 meliputi menembak senjata laras penjang dan pendek di Lapangan Tembak Kompi Raider Khusus/136 Tuah Sakti di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun. (TRIBUNBATAM.id/Elhadif Putra)
Komandan Lanal (Danlanal) TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro menjelaskan tujuan latihan ini adalah meningkatkan profesionalisme kemampuan prajurit dalam mencapai tugas pokok pangkalan dan menguji kesiapsiagaan Lanal TBK dalam tugas yang diemban.
“Tingkat kesiapsiagaan dan profesi, tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkap kesiapan satuan khususnya pangkalan," jelas Catur. (TRIBUNBATAM.id/Elhadif Putra)
 
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved